Beranda Advertorial Safrial: Tenaga Penyuluh Pertanian yang Handal Sangat Dibutuhkan

Safrial: Tenaga Penyuluh Pertanian yang Handal Sangat Dibutuhkan

TANJABBAR, AksesJambi.com – Mewujudkan kemendirian pangan dalam menghadapi pembangunan pertanian, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) menggelar teknis penyuluhan pertanian di hotel ariyadh, Senin (15/10/2018).

“Tujuannya untuk memberikan motivasi demi meningkatkan sektor pertanian dan mendampingi petani dalam usahanya, serta menyamakan metode pelaku utama dan pelaku usaha dalam pertanian,” kata Kepala DTPH Tanjabar Zainudin.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian siti munifah, menjelaskan bahwa menghadapi era pasar global, sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu faktor penentu memenangkan kompetisi antar negara untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional. Setiap SDM perlu membuktikan diri, memiliki kompetensi dengan mengacu pada standar kompetensi yang diakui secara internasional

“Dengan demikian SDM tersebut dapat diterima di pasar bebas, baik dari segi produk maupun kualitas tenaga kerja dalam sektor pertanian,” jelasnya Siti.

Bupati Tanjabbar Safrial mengatakan bahwa penyuluhan pertanian ini bisa menjadikan SDM di Tanjabar menjadi mandiri dalam sektor pertanian, serta memberikan prioritas dan fokus pada pengembangan sejumlah komoditas, khususnya tanaman pangan yang sangat prospektif untuk dikembangkan.

Untuk memanfaatkan potensi dibutuhkan tenaga-tenaga penyuluh pertanian yang handal, karena keberhasilan di sektor pertanian sudah barang tentu tidak terlepas dari peranan penyuluh pertanian sebagai sahabat terdekat petani.

“Kehadiran penyuluh pertanian harus senantiasa dirasakan manfaatnya terutama dalam membantu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi petani, sehingga petani merasa betapa pentingnya keberadaan penyuluh di tengah-tengah mereka,” ucap Safrial.

Temu Teknis Penyuluh Pertanian diharapkan dapat menyamakan pola pikir, gerak langkah penyuluh untuk meningkatkan profesionalisme penyuluh serta memberikan pengetahuan baru kepada para penyuluh tentang pengenalan teknologi-teknologi baru dalam bidang pertanian.

Dalam acara tersebut diadakan juga rangkaian kegiatan penyerahan penghargaan pertanian oleh Bupati Tanjabbar. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi