Beranda Akses Karang Taruna Jambi Temui Gubernur Terkait Bantuan JPS Covid-19

Karang Taruna Jambi Temui Gubernur Terkait Bantuan JPS Covid-19

JAMBI, AksesNews – Program Jaringan Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 provinsi Jambi sudah dilaksanakan sampai tahap IV. Dalam penyaluran bantuan JPS ini, Gubernur Jambi, Fachrori Umar bahkan turun langsung dalam penyaluran ke masyarakat. Namun, selama penyaluran, tak melibatkan Karang Taruna, sehingga kepengurusan Karang Taruna Provinsi Jambi berinisiatif menawarkan diri untuk membantu dalam penyaluran karena Karang Taruna adalah organisasi sosial.

Dalam hal ini, Ketua Karang Taruna Provinsi Jambi, Navid bersama pengurus lainnya melakukan audiensi dengan Gubernur Jambi. Pada kesempatan tersebut, Navid menyampaikan agar Karang Taruna dilibatkan dalam penyaluran bantuan JPS Covid-19 Provinsi Jambi.

“Kami kepada pak Gubernur agar melibatkan Karang Taruna dalan penyaluran JPS Covid-19 di Provinsi Jambi,” kata Navid dihadapan Gubernur di ruang kerja Gubernur Jambi, Selasa (15/09/2020).

Menurut Navid, keterlibatan Karang Taruna akan sangat membantu Pemprov Jambi dalam menyalurkan bantuan agar tepat sasaran dan bantuan yang tersedia akan cepat sampai ke penerima.

Dirinya menyampaikan, saat ini kepengurusan Karang Taruna telah terbentuk Tujuh kabupaten/kota dari total 11 kabupaten kota yang ada di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah Provinsi Jambi.

“Kepengurusan Karang Taruna di kabupaten yang telah terbentuk ini telah mengakar hingga tingkat desa. Ini tentunya akan memudahkan Pemprov untuk menyalurkan bantuan JPS dari Pemprov Jambi,” ujar Navid.

Keinginan Karang Taruna mengajukan bantuan JPS berawal dari keprihatinan atas terhambatnya bantuan JPS oleh Pemprov Jambi. Kondisi itu membuat bantuan yang telah tersedia belum sampai ke tangan masyarakat.

Pemprov Jambi melalui dana APBD mengalokasikan bantuan JPS untuk 30.000 Kepala Keluarga (KK) tiap KK dialokasikan dana Rp 600.000 dengan rincian Rp 350.000 dalam bentuk sembako dan Rp 250.000 dalam bentuk uang tunai.

Dalam penyalurannya Dinsos Jambi selaku pelaku sering terkendala menyalurkan bantuan JPS akibat banyak faktor sehingga bantuan tersedia tidak tersalurkan.

Gubernur Jambi, Fachrori Umar tidak merespon tegas permintaan agar Karang Taruna dilibatkan dalam penyaluran JPS Covid -19 di Provinsi Jambi.

“Saya senang,” singkat Gubernur Jambi Fachrori Umar. (Team AJ)