Beranda Akses Beredar Video Amatir Terkait Bronjong Amblas di Batanghari

Beredar Video Amatir Terkait Bronjong Amblas di Batanghari

BATANGHARI, AksesJambi.com – Baru-baru ini beredar di media sosial video amatir dari masyarakat Batanghari. Dalam video tersebut menggambarkan bangunan Bronjong yang berfungsi untuk menahan longsor terlihat amblas (rusak) dan hampir merusak jalan penghubung desa.

Dalam video berdurasi 1 menit 57 detik tersebut yang belum diketahui kapan video tersebut di rekam, seorang pria mengatakan bahwa jalur tersebut merupakan penghubung desa Karya Mukti, Bukit Sari dan Bulian Jaya. Bangunan (bronjong,red) itu sendiri baru diselesaikan pengerjaanya, namun sudah mengalami kerusakan dan di lokasi tersebut tertempel papan peringatan bertuliskan ‘Hati-hati longsor’,

“Bangunannya amblas lagi, entah karena kontruksi bangunan yang kurang bagus atau apa belum tau,” ujar pria di video tersebut.

Pria tersebut juga meminta kepada pengendara yang melintas untuk berhati-hati, karena kondisi rusaknya tempat tersebut sangat parah. Ia juga meminta kepada Pemkab Batanghari menangani permasalahan tersebut.

“Karena ini jalan akses satu-satunya yang menjadi penghubung lima desa,” sambungnya.

Diduga lokasi tersebut berada di wilayah Desa Danau Embat, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari, Jambi. Yang mana dulunya jalan tersebut nyaris putus akibat diterjang longsor. Kondisi ini membuat jalan tersebut masuk dalam kategori tanggap darurat pada tahun 2019 lalu.

Sebelumnya pada tahun 2019, BPBD Batanghari mengadakan rapat bersama Dinas PUPR Batanghari. Hasil rapat bersama Dinas PUPR Kabupaten Batanghari, ditetapkan kondisi longsor pada jalan ini sebagai tanggap darurat dan diajukan kepada Bupati Batanghari.

Selanjutnya BPBD Kabupaten Batanghari mengajukan proposal pembangunan bronjong dua sisi dengan estimasi dana Rp3,5 miliar. (ANI)