Beranda Akses Pemkot Jambi Libatkan Mahasiswa Kesehatan sebagai Petugas Vaksin

Pemkot Jambi Libatkan Mahasiswa Kesehatan sebagai Petugas Vaksin

JAMBI, AksesNews – Wali Kota Jambi, Syarif Fasha menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mendata Mahasiswa tingkat akhir dari jurusan kedokteran dan kebidanan untuk menjadi tim medis dalam penyuntikan vaksin Covid-19 bagi warga Kota Jambi.

Fasha sendiri menegaskan sudah menginstruksikan Dinkes menyiapkan tenaga medis yang mampu melaksanakan vaksinasi, termasuk para mahasiswa tingkat akhir kesehatan baik dari jurusan kedokteran maupun kebidanan.

“Kami instruksikan dinas kesehatan untuk meninjau dan mendata kesiapan tenaga medis kita. Karena tidak semua tenaga medis untuk bisa menyuntik. Jadi, kita mendata berapa dokter atau bidan yang sudah diperbolehkan vaksinasi. Juga mahasiswa semester akhir dari perguruan tinggi jurusan kedokteran atau kebidanan,” kata Fasha, Senin (14/12/2020).

Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi juga dalam proses pendataan warga kota yang akan divaksinasi, khususnya masyarakat yang berusia 18 hingga 50 tahun. Untuk bayi hingga remaja serta diatas 50 tahun, saat ini belum ada vaksinnya.

Pelaksanaannya sendiri, belum dapat dipastikan karena masih dalam proses pendataan serta menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Dalam pelaksanaan pendataan sendiri dilakukan oleh para camat dan lurah di Kota Jambi.

“Selanjutnya tugas kami adalah mendata warga yang masuk kategori dengan usia 18 sampai 50 tahun. Itu dilakukan para lurah dan camat,” ujar Fasha, beberapa hari yang lalu.

Pemerintah kota Jambi merencanakan pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan di Gedung Puskesmas dan sekolah.

“Yang pasti di Puskesmas terdekat. Jika ruangannya tidak memadai, kita bisa saja menggunakan sekolah,” ujarnya. (Sob/*)

DRadio 104,3 FM Jambi