Beranda Akses Kukuhkan Bunda PAUD, Fachrori Titip Program Pencegahan Stunting

Kukuhkan Bunda PAUD, Fachrori Titip Program Pencegahan Stunting

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengukuhkan Rahima Fachrori sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jambi, Senin (14/9/2020) di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambir.

Pada kesempatan tersebut, Rahima juga melantik Kelompok Kerja (Pokja) PAUD Provinsi Jambi Periode 2020-2021 yang diketuai oleh Iin Kurniasih.

Fachrori berpesan kepada Bunda PAUD Provinsi Jambi yang baru dikukuhkan untuk membangun sistem PAUD di Jambi, dan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi adalah penanganan stunting (pertumbuhan kerdil).

Selain itu, Fachrori menjelaskan, organisasi PAUD ini merupakan wujud kepedulian terhadap pentingnya pendidikan anak sejak usia dini.

“Tahun 2030 nanti Indonesia, termasuk Provinsi Jambi akan memasuki era bonus demografi dimana usia produktif pada piramida penduduk kita lebih banyak dibanding dengan usia tidak produktif,” kata Fachrori.

Bonus demografi ini, kata Fachrori, akan menjadi berkat apabila sumber daya manusia usia produktif yang kita miliki itu adalah SDM yang berkualitas, berakhlak, memiliki keterampilan dan pengetahuan teknologi.

“Namun, sebaliknya jika SDM yang kita miliki saat itu tidak berkualitas, tidak memiliki bekal dan iptek yang cukup untuk bersaing di era kompetisi global ke depan, maka mereka tidak hanya akan menjadi beban, tetapi juga sumber masalah ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan,” jelasnya.

Untuk itu, diperlukan berbagai peluang guna menyiapkan generasi kedepan. Dengan demikian, Gubernur Jambi mengemukakan bahwa pengukuhan Bunda PAUD merupakan salah satu upaya penting dan strategis dalam penyiapan SDM.

“Untuk itu, saya menitipkan program pencegahan dan penanggulangan stunting menjadi prioritas program kerja Bunda PAUD,” pungkasnya.(HMS)

DRadio 104,3 FM Jambi