Beranda Akses 1 Positif Covid-19 di Batanghari Meninggal, 3 Orang yang Kontak Reaktif Rapid...

1 Positif Covid-19 di Batanghari Meninggal, 3 Orang yang Kontak Reaktif Rapid Test

BATANGHARI, AksesJambi.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Batanghari kembali mengumumkan hasil uji swab positif melalui uji PCR, Selasa (14/07/2020).

“Hari ini ada satu warga Batanghari yang keluar hasil swabnya, yakni Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang telah meninggal beberapa waktu lalu,” kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19, dr. Elfie Yennie, Mars.

Pasien tersebut, berinisal PJ (42), merupakan warga Desa Muara Jangga, Kecamatan Batin 24, Kabupaten Batanghari yang mempunyai riwayat perjalanan dari Palembang.

“Pasien masuk RSUD Hamba dengan status PDP berat (rapid test reaktif) pada hari Rabu tanggal 1 Juli, kemudian diambil sampel/spesimen untuk uji swab,” kata dr. Elfie.

Menurutnya, setelah sempat dirawat beberapa hari di RSUD Hamba Muara Bulian, pasien tersebut meninggal dunia pada hari Jumat tanggal 3 Juli 2020 dan dimakamkan di TPU Muara Jangga dengan Protokol Covid-19.

“Dengan demikian, di Batanghari saat ini tercatat 12 kasus terkonfirmasi Covid-19,

enam orang sudah dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah,” ungkapnya.

1 Orang PDP Covid-19 Asal Batanghari Meninggal Dunia

Saat ini, di RSUD Hamba masih dirawat lima orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, semua dalam kondisi stabil, dan hingga saat ini Tim Gugus Tugas terus melakukan pelacakan kontak.

“Tak kurang dari 70 orang sudah terdata sebagai kontak erat, sebagian di antaranya sudah dilakukan rapid test dan beberapa orang dari kategori kontak erat tersebut disiapkan untuk uji swab meskipun hasil rapid test non reaktif,” pungkasnya.

Terpisah, sebelumnya Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah, menginformasikan jumlah penambahan kasus positif Covid-19.

Kasus Kematian Kedua di Jambi akibat Covid-19, Pasien Positif Baru asal Batanghari

“Hari ini, terdapat dua penambahan kasus positif Corona di Jambi. Dari dua kasus tersebut, satu pasien telah dinyatakan meninggal dunia,” kata Johansyah, Selasa (14/07/2020) sore.

Untuk penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru, yakni pasien 124, inisial HSL (laki-laki, usia 49 tahun) asal Kabupaten Muaro Jambi, riwayat kontak masih akan dilakukan tracking.

“Selain itu, untuk pasien yang meninggal sudah dimakamkan sesuai standar Covid-19. Baru dapat laporan di tracking dan uji rapid test 49 orang. Sebanyak 3 orang reaktif, 46 non reaktif, dan segera akan di ambil uji swab ketiga orang tersebut,” pungkasnya. (Ani/Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi