Beranda Akses Jubir: Pasien Meninggal di Kota Jambi Idap TBC, Bukan Covid-19

Jubir: Pasien Meninggal di Kota Jambi Idap TBC, Bukan Covid-19

KOTAJAMBI, AksesNews – Juru Bicara (Jubir) Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kota Jambi, Abu Bakar, menyatakan seorang pasien yang meninggal dunia di Kota Jambi, bukan karena virus Corona.

Penyataan tersebut disampaikan atas kabar yang beredar, bahwa ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Manap, Kota Jambi, Kamis (14/05/2020).

Abu Bakar menjelaskan, bahwa pasien tersebut masuk ke RSUD Abdul Manap pada tangggal 13 Mei 2020, pukul 08:34 WIB, dan dikabarkan meninggal dunia pada tanggal 14 Mei 2020, pukul 11:05 WIB.

Hanya Jambi yang Masih Nol Korban Jiwa dari Corona di Indonesia

Menurutnya, bahwa pasien belum masuk kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Pasien tersebut juga tidak memiliki riwayat perjalanan keluar kota maupun ke wilayah rawan Covid-19, serta tidak ada kontak langsung baik dengan ODP maupun PDP.

Pasien diketahui tidak keluar rumah sejak tanggal 19 Maret 2020. Selain itu, pasien tersebut masuk dengan keluhan demam sejak satu minggu lalu, suhu tubuh mengalami naik-turun, serta mengalami batuk sejak tiga hari terakhir.

“Pasien telah dilakukan rapid test sebanyak tiga kali, hasilnya negatif semua,” ungkap Abu Bakar, Kamis (14/05/2020) sore.

Selain itu, dari hasil diagnosa pihak rumah sakit pasien mengidap DBD, Diabetes Militus (kencing manis), serta TBC (Tuberculosis).

Atas permintaan keluarga, penyelenggaraan jenazah dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 dan dikebumikan di pemakaman Pusara Agung (milik Pemkot Jambi).

Hal tersebut dilakukan untuk kehati-hatian, mengingat TBC termasuk penyakit menular.

“Mengenai penyelenggaraan jenazah dengan protokol kesehatan Covid-19 itu atas permintaan dari keluarga pasien,” pungkasnya. (Bjs)