Beranda Akses Ketika Kopi Lebih Merubah Gaya Hidupmu

Ketika Kopi Lebih Merubah Gaya Hidupmu

Jambi Surga Kopi. Foto: Instagram @riko_mappedeceng
Jambi Surga Kopi. Foto: Instagram @riko_mappedeceng

JAMBI, AksesNews – Warung kopi, kedai kopi, Cafe Kopi, Coffee Shop dan apapun namanya, yang jelas eksistensi kopi di era millenial makin meningkat. Hal ini buka semerta-merta karena gaya hidup ataupun prospek ekonomi di jaman sekarang, sebab awal mula gerai kopi pertama di dunia tercatat di buka pertama kali di Italia pada tahun 1645 silam.

Tidak hanya sebagai penopang ekonomi dan untuk konsumsi sehari-hari, kopi di beberapa wilayah sudah menjadi warisan budaya. Karena untuk menjadi segelas kopi untuk di nikmati, tentunya kopi memiliki proses yang amat panjang bersama dengan keputusan alam dan memiliki filosofi tertentu bagi penggiatnya.

Menurut data dari Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pertanian, konsumsi kopi nasional pada tahun 2016-2018 mencapai 4,6 juta kemasan 60kg/lb. Selain itu diperdiksi pada periode 2016-2021 akan tumbuh rata-rata 8,2% pertahun dan diperdiksa pada tahun 2021 pasukan kopi akan mencapai 795ribu ton dengan konsumsi 370ribu ton.

Bercerita tentang kopi tentunya tidak lepas dari kata manfaat. Walaupun masih terdengar hal negatif tentang kopi di tengah masyarakat, tentunya kopi memiliki manfaat, sebagai berikut:

Kopi Untuk Kecantikan

Kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan kecantikan, dilansir dari berbagai artikel, kopi dapat di melakukan pencegahan pada kanker, meningkatkan stamina, dan meningkatkan mood, lalu pada bidang kecantikan kopi dapat di gunakan sebagai penggunaan masker kopi, pada pengurangan bau kaki pada sepatu, dan perawatan pada kulit kepala. Pastinya kita sering melihat produk kecantikan yang memakai kopi.

Mengurangi Stress dan Depresi 

Stress terjadi karena adanya tekanan dari luar dan dalam diri yang berlangsung cukup  lama. Stress juga dapat mendorong diri untuk semakin bersemangat dalam menghadapi tantangan, tapi juga dapat bisa mematahkan semangat diri.

Depresi merupaan penyakit yang bisa disembukan kalau penangannya secara tepat. Stress dan depresi yang dialami oleh seseorang juga dapat ditangani dengan meminum kopi, saat sedang merasa stress dan  depresi karena pekerjaan yang menumpuk atau dikejar deadline tugas. Makanya banyak para pekerja yang minum kopi.

Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat setiap orang berbeda. Ada yang mudah lupa dan ada yang mudah mengingat segala hal. Sering kali lelaki dianggap sebagai orang yang pelupa. Sementara itu, perempuan biasanya punya ingat yang lebih tajam.

Daya ingat dapat ditingkatkan dengan meminum kopi, bila usia seseorang bertambah maka daya ingatnya akan berkurang. Jadi kalau sudah mulai sering lupa, maka kopi merupakan salah satu yang baik dan ama untuk meningkatkan daya ingat.

Mencegah Kanker Kulit 

Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh di jaringan kulit. Kondisi tersebut terjadi dengan perubahan pada kulit, seperti muncul benjolan, bercak atau tahi lalat dengan bentuk da ukuran yang tidak normal.

Pernah ada sebuah penelitian menjelaskan bahwa, sebagian besar seseorang yang mengonsumsi kopi setiap harinya, memiliki resiko lebih rendah terkena kanker kulit karena kandungan kafein yang ada dalam kopi ternyata bisa menekan sel-sel jahat dalam tubuh yang bisa memimcu terjadinya kanker kulit saat terpapar sinar matahari.

Dengan banyak manfaat-manfaat dari kopi adapula hal-hal yang membuat orang-orang tertarik akan kopi itu terus bertambah, sebagaimana kopi itu diolah dan kopi memiliki ciri khas melalui proses roasting tetapi kopi masih memiliki cita rasa tersendiri dari macam-macam jenis biji kopi tersebut.

Tapi taukah kamu, tentang fenomena demam kopi yang sedang marak terjadi?

Fenomena demam yang sedang marak dibicarakan dilingkungan terbagi dua, dimana orang tersebut menikmati kopi karena ingin tau lebih dalam tentang kopi atau hanya sekedar duduk nongkrong update instastory yang menunjukkan gaya hidup mereka.

Kopi hanya untuk gaya hidup yang memperlihatkan gaya hidup mereka seperti nongkrong di Coffeshop dan mengupload di instastory, dan sebagian lainnya meminum kopi untuk dinikmati, tetapi bukan hanya dinikmati bagi sebagian orang , tetapi mencari tau lebih dalam tentang kopi.

Seperti yang kita ketahui sebagian orang hanya menikmati tempat yang disediakan oleh Coffeshop, tetapi bagi sebagian orang lainnya memang benar-benar menikmati kopi yang disajikan oleh coffe shop tersebut.

Selain itu, masyarakat menikmati kopi dengan cara yang berbeda-beda. Begitu pula dengan rasa kopi tersebut. Sebagian masyarakat menikmati kopi dengan gula,entah itu dengan gula aren atau dengan gula putih atau menggunakan simple syrup, lalu adapula dengan menikmati kopi dengan tidak mencampurkan bahan apapun kedalam kopi mereka yang menimbulkan rasa kopi yang sesungguhnya.

Lalu, bagaimana dengan efek samping dari meminum kopi secara berlebihan? 

Adapula efek samping dari meminum kopi setiap harinya, ada yang berefek positif lalu ada pula yang berefek  negative pada pengonsumsian kopi, beberpa contoh effect samping pada kopi seperti peningkatan denyut jantung, peningkatan produksi asam lambung,nyeri ulu hati, gelisah, sering buang air kecil dan insomnia.

Apakah kamu waktu-waktu yang tepat untuk meminum kopi?

Waktu-waktu terbaik meminum kopi adalah di pagi hari satu jam setelah bangun tidur, pertengahan hari sekitar jam 9.00-10.30WIB saat sebelum berolahraga, atau saat setelah proses belajar karena kandungan kopi yang mampu meningkatkan daya ingat, tetapi kebanyakan orang meminum kopi dilakukan di pagi hari untuk menambah stamina dan mood untuk hari itu.

Maka dari itu, kembali kepada diri kita terhadap pengkonsumsian kopi dinikmati atau hanya untuk gaya hidup. Bagaimana cara menikmati kopi tersebut dan bagaimana menyeimbangkan kopi menjadi sebuah gaya hidup seseorang. Kopi memang saat ini menjadi suatu keharusan atau kewajiban bagi sebagian besar anak muda jaman sekarang, tetapi meminum kopi tidak secara berlebihan.

Penulis: Hania Khalisha Alghaniyya Almanzo (Public Relation, Lspr-Jakarta)

DRadio 104,3 FM Jambi