Beranda Akses Atasi Pemanasan Global, Bappeda Provinsi Jambi Manfaatkan Panel Surya

Atasi Pemanasan Global, Bappeda Provinsi Jambi Manfaatkan Panel Surya

JAMBI, AksesNews – Badan Perencanaan Pembangunan Darah (Bappeda) Provinsi Jambi menginginkan pengurangan dampak pemanasan global dengan menggunakan energi terbarukan yang merupakan proses alam berkelanjutan seperti Solar Panel.

Salah satu bentuk keseriusan pihak Bapedda dalam keinginannya iyalah dengan dibuatnya Pohon Panel Surya (Tree Solar Panel) di halaman depan kantor Bapedda Provinsi Jambi.

“Solar panel berbentuk lampu bunga matahari yang terpasang di depan kantor Bappeda dan taman kantor Gubernur Jambi itu, menjadi sebuah Planning Projek yang dititipkan melalui ESDM,” kata Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Doni Iskandar, Selasa (14/01/2020).

Spesifikasi Panel Surya Pohon yang berbentuk bunga matahari ini sama dengan di depan kantor Gubernur Jambi, dengan tinggi Empat meter dengan tiang pipa baja, 10 kelopak bunga yang di pasang 10 Panel Surya 20 WP, satu Lithium Baterry di tengah bunga serta tiga ornamen daun yang di lengkapi lampu LED 10 Watt.

Selain itu, di atap gedung Bappeda juga terpasang on grip roof top solar energy untuk menyerap energi cahaya matahari dengan daya listrik 10 ribu watt. Tetapi penggunaan ini masih secara hibrid dan PLN hanya untuk komplementer (pelengkap), sedang bahan utamanya adalah energi matahari.

“Saya akan mengubah pelan-pelan, sampai nantinya betul-betul mandiri,” ujarnya.

Jika program ini nantinya berhasil dan berkembang, Doni menginginkan pemerintah memberikan subsidi kepada masyarakat khususnya rumah yang memiliki potensi usaha untuk didahulukan. Dirinya pun ingin membangun dan memperbanyak lampu bunga matahari di tepi-tepi jalan Kota Jambi.

Selain membantu perekonomian, tujuan lainnya adalah membantu kemandirian energi Provinsi Jambi dan membantu lebih ramah lingkungan.

Menurutnya, Indonesia adalah salah satu negara yang beruntung, dimana merupakan negara digaris khatulistiwa dengan cahaya matahari selama 12 jam.

“Maka kita harus memanfaatkan keberuntungan yang kita miliki. Jika ini didukung oleh masyarakat, saya siapkan program itu. Bahkan saya undang investor untuk membangun pabrik panel disini. Karena Jambi sangat besar potensinya,” pungkasnya.(Bjs)