Beranda Akses 4 Jenazah Covid-19 di Kota Jambi Dimakamkan di Tengah Hujan Deras

4 Jenazah Covid-19 di Kota Jambi Dimakamkan di Tengah Hujan Deras

JAMBI, AksesNews – Sebanyak 4 jenazah terjangkit Covid-19 di Kota Jambi dimakamkan di tengah hujan deras, Senin (13/09/2021) siang tadi.

Ketua Tim Pemusalaraan Jenazah Covid-19 Kota Jambi, Aipda Harianto, mengatakan 4 jenazah itu dimakamkan di 2 lokasi, yakni TPU Pusara Agung dan TPU Bumi Langgeng.

Petugas yang terlibat proses pemakaman tersebut sebanyak 5 orang. Selain menghadapi hujan yang lebat, mereka harus mengeluarkan air yang masuk ke liang kubur. Tidak menggunakannya penyedot, tetapi hanya ember.

“Mau tidak mau airnya harus kita keluarkan dengan menggunakan ember, karena tidak ada alat penyedot. Lalu, untuk penggalian dilakukan secara manual, karena alat beratnya sudah diambil oleh pemiliknya,” ujarnya.

Ketika proses pemakaman berlangsung, ada petugas yang terpeleset. Menurut Harianto itu resiko yang lumrah saat hujan berlangsung.

“Lumrah terpeleset, karena hujan lebat membuat licin, sangat becek dan berlumpur,” ungkapnya.

Karena kondisi dan tantangan itu, 1 jenazah dimakamkan selama berkisar 30 menit. Padahal, jika hujan tidak terjadi, proses pemakaman jenazah Covid-19 hanya berlangsung selama 30 menit.

Perlu diketahui, 2 jenazah di antaranya terkonfirmasi mengidap Covid-19 menurut hasil tes PCR. Sedangkan 2 jenazah lainnya, dinyatakan terjangkit Covid-19 menurut hasil swab antigen. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi