Beranda Advertorial Buka Festival Hadrah, Amir Sakib: Salah Satu Bentuk Akulturasi Syi’ar Islam dan...

Buka Festival Hadrah, Amir Sakib: Salah Satu Bentuk Akulturasi Syi’ar Islam dan Kesenian Lokal

TANJABBAR, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) terus berupaya melestarikan Kesenian Lokal dan Islam di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan. Hal itu dibuktikan dengan diselenggarakan Festival Habsyi Berhadrah dan Hadrah Tradisi memperingati tahun Baru Islam 1440 Hijriyah.

Acara festival tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjabbar, Kamis (13/09/2018) malam, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Tanjabbar, Forkompinda, OPD lingkup Tanjabbar, Peserta festival serta masyarakat yang ikut menyaksikan pembukaan Festival Maulid Habsyi Berhadrah dan Hadrah Bertradisi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tanjabbar, Amir Syakib mengatakan kegiatan festival habsy berhadrah dan hadrah tradisi ini merupakan salah satu bentuk akulturasi syi’ar dan kesenian lokal dan Islam yang telah lama eksis ditengah masyarakat.

“Hadrah tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga sebagai bentuk menyiarkan agama Islam untuk lebih memahami ajaran islam secara utuh. Melalui festival ini diharapkan mendorong dan motivasi masyarakat meningkatkan nilai-nilai ke Islaman baik yang sifatnya langsung berhubungan dengan Allah SWT, maupun yang berhubungan dengan masyarakat,” kata Wabup.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Sekretaris Drs. H. M. Yusup, M.Pd selaku Ketua panitia, menyampaikan Festival Habsyi Berhadrah dan Hadrah Bertradisi diselenggarakan dari tanggal 13-18 September 2018. “Mulai dari tanggal 13-18 September 2018 Diikuti 24 grup Habsy berhadrah dan 14 dari Hadrah tradisi” katanya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi