Beranda Akses Arus Pendek dan Konsleting Listrik Diduga Jadi Pemicu Kebakaran di Merlung

Arus Pendek dan Konsleting Listrik Diduga Jadi Pemicu Kebakaran di Merlung

TANJABBAR, AksesJambi.com – Diduga akibat konsleting listrik, tiga rumah milik Sana (50), Ila (47) dan Fatma Zahara (75) di Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, ludes terbakar dan rata dengan tanah usai di lalap si jago merah.

Kapolsek Merlung, AKP Hardianto mengatakan, kebakaran yang membakar rumah milik warga tersebut, disebabkan arus pendek. Rumah yang terbuat dari kayu tersebut, ludes seketika dalam kurun waktu 40 menit.

“Penyebabnya konsleting listrik, hubungan arus pendek,” katanya, Senin (13/07/2020) sekitar pukul 16.30 WIB.

Kejadian itu, kata Kapolsek, berawal dari ledakan di dalam rumah milik Ila. Saat itu, ia meminta kepada anaknya untuk mengecek ledakan di dalam rumahnya tersebut. Setelah di cek, api sudah menyala.

Bukan hanya itu, ternyata ledakan juga bersumber dari TV yang ada di rumah tersebut yang posisinya berdekatan dengan kamar Ila.

“Ledakan TV ternyata disitu, diduga arus bermula,” ucapnya.

Kemudian, api membesar tidak terkendali dan menjalar ke rumah yang posisinya bersebelahan dan bergandengan. Sehingga api itu, menghanguskan rumah tersebut.

Kebakaran di Merlung, 2 KK Kehilangan Tempat Tinggal

Bahkan bukan hanya menyambar seluruh isi rumah, bangunan semi permanen itu juga ludes tak tersisa. Bahkan peralatan elektronik dan sejumlah barang berharga tidak bisa dievakuasi.

Menurutnya, kerugian ditaksir sekitar Rp 150 juta yang bersumber dari peralatan dan rumah yang terbakar tersebut.

“Dua unit rumah terbakar ludes dari kayu, satu lagi beton terdapat televisi, laptop, perhiasan emas dan surat-surat berharga lainnya,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi