Beranda Akses Bulan Juli, Sudah 19 Titik Panas Terpantau di Provinsi Jambi

Bulan Juli, Sudah 19 Titik Panas Terpantau di Provinsi Jambi

JAMBI, AksesJambi.com – Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) Provinsi Jambi bersama pihak BMKG, Korem 042/Gapu, Disbun, Dinkes, Tagana, Dishut, DLH, Polda, Pol PP, menggelar Briefing di Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Jumat (13/07/2018).

Rapat tersebut, dipimpin langsung oleh Ade Azizah mengenai situasi titik panas (Hotspot) pada tanggal 12 Juli sampai 14 Juli 2018 di wilayah Provinsi Jambi.

Hasil Paparan di dalam briefing tersebut, didapat pada Informasi dari BMKG, bahwa titik panas pada tanggal 12 Juli 2018 terdapat 2 Titik Hotspot yaitu di Kabupaten Batanghari dan Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Selain itu, Ade Azizah juga mengatakan pada Juli ini, Jumlah Titik Hotspot sudah sampai 19 titik dengan jarak pandang 4000-10000 meter.

“Prakiraan tingkat kemudahan terjadinya Kebakaran tanggal 13 sampai dengan 14 Juli 2018, umumnya berpotensi tidak aman di sebagian wilayah Tebo, Merangin, Kerinci, dan Sarolangun,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Prakiraan cuaca di Jambi, seluruh wilayah Provinsi Jambi berawan hanya sebagian kecil. Wilayah tersebut ialah wilayah di Bungo, Sarolangun, Tanjabbar, dan Tebo.

Kecepatan Angin bergerak dari Tenggara hingga Selatan dengan Kecepatan 15-10 Knot. Berdasarkan Satelite NOAA, hasil Hotspot di wilayah Provinsi Jambi masih Nihil. Begitu juga kondisi ISPU berada pada angka 20 atau Kategori Baik.

Seluruh Instansi terkait Satgas Karhutla tetap melakukan Sosialiasi ke Masyarakat, serta pada Perusahaan untuk tidak membakar hutan dan lahan. “Semua Tim Satgas siap berpartisipasi aktif untuk menanggulangi Karhutla di Jambi,” pungkasnya. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi