Beranda Akses Ibadah di Rumah Masing-masing, Muhamad: Demi Kemaslahatan Bersama

Ibadah di Rumah Masing-masing, Muhamad: Demi Kemaslahatan Bersama

Kepala Kanwil Kemenag Jambi, H. Muhamad.

JAMBI, AksesNews – Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), berbagai permasalahan dan pertanyaan diajukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jambi. Salah satunya adalah permasalahan mengenai pelaksanaan ibadah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama.(Kemenag) Jambi, H. Muhamad mengatakan agar masyarakat untuk melakukan ibadah di rumah masing-masing guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sesuai surat edaran dari Pemerintah termasuk Menteri Agama yang menghimbau agar masyarakat menjalankan ibadah, semata-mata untuk keselamatan umat sendiri. Kita tidak tahu siapa saja yang terpapar virus corona. Saya kira bukan hanya Menteri Agama saja yang mengeluarkan surat edaran, Pemda juga telah mengeluarkan kebijakan dan himbauan tersebut,” kata Ka.Kanwil, Senin (13/04/2020).

Dijelaskan, bahwa edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Agama tentunya tidak berjalan sendiri, dan telah mempertimbangkan banyak aspek, konsultasi dengan MUI salah satunya Surat Edaran terkait panduan ibadah selama Ramadan.

“Jadi, dalam edarannya, Menteri Agama menghimbau agar masyarakat lebih meningkatkan ibadah dengan banyak menjalankan salat tarawih dan tadarusan di rumah saja, dan hal tersebut dalam rangka untuk kepentingan bersama,” tambahnya.

Sementara untuk pelaksanaan ibadah bagi umat non muslim, ia telah menginstruksikan kepada seluruh Pembimbing Masyarakat (Pembimas) agar berpedoman pada kebijakan atau himbauan dari Pemerintah Daerah.

“Jangan sampai kebijakan yang kita lakukan bertentangan dengan kebijakan Pemerintah Daerah. Segala kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah harus diikuti sebagai kebijakan publik.Dan hal ini sudah kami sosialisasikan kepada masyarakat,” tegas Muhamad.

Dirinya mengajak agar masyarakat patuh pada kebijakan Pemerintah. Mari kita patuh pada kebijakan pemerintah, jika kita menjalankan ibadah sesuai panduan yang telah diterbitkan oleh Pemerintah, termasuk Kementerian Agama, maka pandemi virus Corona ini tak akan berlarut-larut.

Tidak lupa, Ka.Kanwil juga menegaskan tentang kesadaran masing-masing umat untuk melakukan Social Distancing bahkan Physical Distancing (menjaga jarak) demi keselamatan masing-masing. (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi