Beranda Akses Sawah Kering, Tanaman Padi di Sei Senyerang Beresiko Hama Orong-orong

Sawah Kering, Tanaman Padi di Sei Senyerang Beresiko Hama Orong-orong

TANJABBAR, AksesJambi.com – Tanaman Padi yang berumur beberapa Minggu di desa Sungai Kepayang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat di serang hama Orong-orong.

Permukaan lahan pertanian yang cukup kering membuat hama ini leluasa menyerang padi saat petani lengah.

Kepala Desa Sei Kepayang Taufik mengatakan, meski kerusakan yang ditimbulkan akibat serangan ini belum cukup parah. Namun, jika dibiarkan akan menimbulkan kerugian yang serius.

“Karena air di lahan pertanian tidak selalu ada, hama ini bebas menyerang padi. Apa lagi orong-orong ini dia menyerang ketika musim kemarau.”jelas Taufik saat di konfirmasi melalui telpon, Kamis (13/02/2020)

Ia menjelaskan, hama tersebut menyerang tanaman padi saat areal persawahan mengalami kekurangan pasokan air dan kekeringan.

“Serangan hama orong-orong akan berkurang dengan sendirinya bila areal persawahan digenangi air yang cukup karena orong-orong tidak bisa hidup di genangan air,” katanya.

Sekarang pihak desa sei Kepayang dan masyarakat tengah bekerjasama dengan instansi terkait terhadap penanganan kasus hama orong-orong yang mengakibatkan padi di sawah rusak. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi