Beranda Akses Ajarkan Prinsip Energi Panas, Siswa Praktek Membuat Termometer Air

Ajarkan Prinsip Energi Panas, Siswa Praktek Membuat Termometer Air

KOTAJAMBI, AksesNews – Sebagai salah satu contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari pembelajaran tema 6, Siswa-siswi Kelas 5 SDN 131/IV Kota Jambi melakukan praktek membuat Termometer Air, Senin (13/01/2020) pagi.

“Tujuan dari pembelajaran ini adalah, agar siswa mampu memahami contoh-contoh penggunaan energi panas dalam kehidupan sehari-hari,” kata Guru Kelas 5 SDN 131/IV Kota Jambi, Nurfaidah, S.Pd.SD, Senin (13/01/2020).

Menurutnya, kata Bu Nufa, adapun alat-alatnya yang digunakan cukup sederhana, antara lain botol kaca kecil (botol bekas You C 1000), yang telah dibersihkan dari labelnya 1 buah.

Selanjutnya, pipet bening 1 buah, pewarna makanan, air, lilin mainan/plastisin/tanah liat dan kain hangat.

Bu Nufa juga menjelaskan, langkah-langkah percobaannya, pertama tuang sedikit air yang telah diberi beberapa tetes pewarna makanan kedalam botol.

Kemudian, tandai atas permukaan air dalam botol dengan menggunakan spidol, masukan sedotan atau pipet sehingga menyentuh permukaan air dalam botol.

“Lalu tutup dengan rapat sekeliling ujung lubang leher botol dengan plastisin atau tanah liat sehingga tidak ada udara yang bisa masuk ke dalam botol dan tempelkan/lilitkan kain hangat pada botol dan perhatikan baik-baik,” jelasnya.

Terakhir, tandai dengan spidol batas permukaan air di dalam botol setelah botol di tempelkan kain hangat.

Sebagai lembar kerja siswa, guru memberikan tugas berupa membuat laporan hasil percobaan yang di presentasikan masing-masing kelompok ke depan kelas.

“Ternyata, prinsip kerja Termometer cukup sederhana. Air dalam botol memuai setelah menerima energi panas,” pungkasnya. (Bjs)