Beranda Akses Syafril Nursal Dorong Percepatan Pembangunan Ujung Jabung

Syafril Nursal Dorong Percepatan Pembangunan Ujung Jabung

JAMBI, AksesNews – Calon wakil gubernur Jambi nomor urut 2, Syafril Nursal menegaskan komitmennya bersama Cagub Fachrori Umar, akan melakukan percepatan penyelesaian pembangunan kawasan pelabuhan Ujung Jabung di Tanjung Jabung (Tanjab) Timur.

Apalagi, mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini sudah meninjau secara langsung kawasan pelabuhan hingga ke lokasi pelabuhan Ujung Jabung di Desa Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Tanjab Timur, Rabu 7 Oktober 2020 lalu.

“Setelah saya lihat secara langsung, ini harus diselesaikan secepatnya. Kita akan mendorong agar dilakukan percepatan pembangunan pelabuhan ujung jabung. Pak Fachrori juga sudah berkomitmen untuk melakukan percepatan,” kata Syafril Nursal.

Syafril mengatakan apabila pelabuhan dan kawasannya sudah rampung, masyarakat di sekitar kawasan pelabuhan, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Provinsi Jambi akan merasakan manfaatnya. Sebab, selain pembangunan pelabuhan, akan dibangun infrastruktur pendukungnya sebagai akses menuju ke pelabuhan, seperti jalan dan jembatan.

Dengan demikian, masyarakat bisa merasakan memanfaat dari infrastruktur jalan dan jembatan tersebut. Tak hanya itu, peluang besar untuk melakukan ekspor hasil komoditas pertanian dan produksi lainnya di Provinsi Jambi akan semakin terbuka lebar.

“Supaya asas kemanfaatan pelabuhan ujung Jabung segera dirasakan oleh masyarakat. Ini akan memicu pertumbuhan ekonomi, akan memberikan efek ekonomi buat Provinsi Jambi dan masyarakat setempat, Tanjung Jabung Timur,” ujar Syafril.

Untuk pembangunan kawasan pelabuhan akan melibatkan sejumlah stakeholder terkait, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Pemerintah Provinsi Jambi. Untuk percepatan pembangunannya, kata Syafril, ia bersama Fachrori akan melakukan komunikasi dan meminta langsung ke pemerintah pusat.

Terkait Ujung Jabung, Ardy Daud Harap Dukungan dari Komisi V DPR

“Semua jaringan saya di Pemerintah pusat akan saya komunikasikan dan akan kita loby untuk percepatan pembangunannya. Agar ini secepatnya selesai, supaya masyarakat segera merasakan manfaatnya,” ucapnya.

Untuk diketahui, Fachrori Umar selaku Gubernur Jambi sudah menegaskan komitmennya untuk melakukan percepatan pembangunan kawasan ujung jabung Provinsi Jambi, yang meliputi pelabuhan laut, akses jalan dan jembatan, maupun kawasan ekonominya. Bahkan ia bersama pihak terkait sudah membuat surat pernyataan kesepakatan percepatan pembangunan kawasan ujung jabung Provinsi Jambi.

Untuk diketahui progres hingga saat ini, telah dilakukan pembebasan lahan untuk kawasan pelabuhan ujung jabung oleh Pemprov Jambi. Kemudian untuk pembebasan lahan untuk jalan akses menuju pelabuhan ujung jabung sudah dilakukan sebagiannya. pembukaan trase dan pembangunan ruas jalan ujung jabung telah dilakukan sebagiannya. (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi