Beranda Akses Sempat Anjlok, Harga Kelapa dan Pinang Berangsur Naik

Sempat Anjlok, Harga Kelapa dan Pinang Berangsur Naik

TANJABBAR, AksesJambi.com – Harga jual buah pinang dan kelapa dikalangan petani di Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat sempat anjlok, hal tersebut lantaran imbas dari pandemi Covid-19.

Namun sejak satu bulan terakhir harga jual kembali normal dan membuat para petani bisa bernafas lega. Hal tersebut diungkapkan Muslim petani pinang dan kelapa desa Semau Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat.

Ia menyebutkan bahwa, harga buah pinang dan kelapa untuk saat ini terbilang sudah sedikit normal dari waktu dilanda pandemi Covid-19 beberapa bulan lalu.

” Kalau untuk harga pinang saat ini, yang kering jemur dua hari Rp 10.000 perkilonya dan buah kelapa perbijinya Rp 2000 sudah dikupas kulitnya,” ujar Muslim, Jumat (12/06/2020).

Kenaikan harga buah pinang ini kata Muslim, terjadi sejak habis lebaran kemarin dan ada diterapkan ‘New Normal’.

“Baru mengalami kenaikan, kemarin sebelum lebaran harganya anjlok hanya Rp 8.500 sedangkan buah kelapa Rp 1.800 perbiji ya,” ungkapnya.

Muslim mengatakan dengan naiknya harga buah sedikit melegakan buat petani, sebab masyarakat selama ini ekonominya hanya bertergantungan dari hasil perkebunan.

“Sejak hasil pertanian anjlok imbas dari Corona masyarakat (Petani) hanya bisa pasrah, buah pinang banyak namun harga turun,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi