Beranda Akses Buron 8 Bulan, 2 Pencuri Tas Toke Telur Ditangkap

Buron 8 Bulan, 2 Pencuri Tas Toke Telur Ditangkap

JAMBI, AksesNews – Pelaku pencurian tas milik toke telur di Kota Jambi ditangkap Tim Reskrim Polsek Jambi Timur, Kota Jambi pada Rabu (18/11/2020) lalu.

Pelaku sebanyak 2 orang ini yakni Inisial MIS (46) warga Sipin, Kecamatan Telanaipura dan F (40) warga Mayang Mangurai, Kecamatan Jambi Timur. Keduanya, sudah 8 bulan menjadi buronan polisi.

Para pelaku ini ditangkap dalam kasus pencurian terhadap tas milik istri Dartono yang berisi uang Rp 14.500.000,- dan surat-surat identitas beserta kartu ATM.

Kejadian yang menimpa korban sebagai toke telur di Kota Jambi terjadi beberapa bulan yang lalu di kawasan Jalan Sentot Ali Basa, RT. 06, Kelurahan Payo Selincah, Kecamatan Pall Merah.

Kapolsek Jambi Timur, AKP Rinto Haivan Simbolon, mengatakan sebenarnya kejadian ini terjadi pada bulan Maret 2020 lalu. Namun mereka baru diamankan pada bulan November 2020 lalu. Kedua pelaku ditangkap, di kediamannya masing-masing.

“Mereka ini kita amankan setelah anggota mendapatkan informasi bahwa mereka sudah berada di rumah mereka dan tim kita langsung bergegas menangkap mereka,” jelasnya.

Lanjut, AKP Rinto mengatakan bahwa sebelumnya mereka ini kabur sudah keluar Provinsi, namun tidak tahu di mananya, mungkin karena merasa tidak akan dicari lagi makanya mereka pulang lagi.

“Uang yang mereka ambil, sudah habis semua untuk keperluan mereka sehari-hari selama mereka melarikan diri dan tidak ada tersisa sedikitpun,” ujarnya.

Rinto juga menambahkan, bahwa dari kedua tersangka ini ada yang merupakan residivis dengan kasus yang sama, yakni MIS. Dirinya padahal baru lepas pada tahun 2018 lalu, namun kembali melakukan kejahatan kembali.

“Saat ini, berkas kedua tersangka masih dalam proses pemberkasan tahap satu. Secepatnya, nanti akan kita limpahkan ke Jaksa Penuntut Umum,” pungkasnya.

Dari tangan kedua pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa satu motor Yamaha Xeon GT 125 dengan Nopol BH 3923 YQ, satu plastik putih berisikan 2 obeng dan 4 kunci Inggris, satu tas slempang warna hitam merk Planetisimal Oceanapia warna hitam, 12 besi kecil berbentuk paku dan 2 sekrup besi yang berulir.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan kedua tersangka, pelaku dikenai pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman penjara di atas 7 tahun. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi