Beranda Akses Pemkot Jambi, TNI-Polri & Tim Kerja Kolaborasi Sukseskan Festival Keris Siginjai

Pemkot Jambi, TNI-Polri & Tim Kerja Kolaborasi Sukseskan Festival Keris Siginjai

KOTAJAMBI, AksesNews – Festival Keris Siginjai rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024 di Kota Jambi akan berlangsung pada 1 s.d 3 Agustus 2024 di Halaman Graha Siginjai.

Festival Keris Siginjai menghadirkan pergelaran pembuka “Keris Siginjai”, Wisata Sejarah Bersama pelajar, Lomba Desain Motif Batik Solok Sipin, Fashion Show Batik rancangan Desainer Muda Jambi, Festival Tugu Keris Siginjai, Pameran karya Batik dan Bazaar UMKM, lalu di malam puncak pergelaran “Telusur Jejak Leluhur”

Tim kerja terus melakukan berbagai persiapan baik secara materi maupun koordinasi dengan berbagai pihak, pemerintah kota (Pemkot) Jambi sekaligus para instansi terkait dan TNI-Polri.

“Tentunya harus terus kita perkuat, baik itu materi maupun koordinasi dengan berbagai pihak terkait agar pelaksanaan dapat berjalan sukses dan lancar. Pesan Pak Amirullah, pentingnya kekuatan Kolaborasi,” ujar Hendry Nursal, Direktur Festival Keris Siginjai, Kamis (11/07/2024), seusai menghadiri Rapat Persiapan bersama Pemkot Jambi di Graha Siginjai.

Hendry Nursal didampingi Didin Siroz selaku kurator dan Raja Rizki Maylando Manajer Acara dan Artistik, menjelaskan bahwa pertemuan dihadiri seluruh Instansi yang terlibat termasuk TNI-Polri.

“Iya tadi rapat dihadiri seluruh Instansi yang terlibat, bahkan juga hadir dari pihak TNI-Polri seperti Kodim 0415/Jambi, Polresta Jambi, Polsek Kotabaru, Polsek Jelutung, Koramil Kotabaru dan Koramil Jelutung,” urai Hendry Nursal.

Rapat dipimpin oleh Amirullah Asisten II bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Jambi didampingi Mariani Yanti Kepala Disparbud kota Jambi da Maha Pradana selaku kabid Kebudayaan Disparbud kota Jambi.

Adapun Instansi yang hadir ialah Satuan Polisi Pamong Praja Kota Jambi; Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi; Dinas Perhubungan Kota Jambi; Dinas Kesehatan Kota Jambi; Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi; Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi; Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Jambi; Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Jambi; Bagian Protokol dan Komunikasi Setda Kota Jambi; serta Bagian Umum Setda Kota Jambi.

Hendry Nursal dalam kesempatan rapat membeberkan rangkaian dan teknis pelaksanaan kegiatan “Saya juga memberikan gambaran rangkaian keseluruhan, susunan di pembukaan dan penutupan. Dengan begitu dapat tergambar kondisi masyarakat yang menghadiri,” tandasnya.

Sementara itu, Amirullah menyampaikan dan mengajak seluruh OPD terlibat dapat mempersiapkan yang terbaik dan dengan terencana.

“Dari gambaran acara yang disampaikan Direktur Festival, tentunya kita harus persiapkan yang terbaik dan terencana. Jangan ada yang terlupakan, perhatikan lokasi parkir termasuk keamanannya mengingat ramainya masyarakat terutama saat malam puncak itu malam minggu,” tegas Amirullah.

“Lalu lintas jalan sangat penting, saya meyakini kemacetan tidak dapat dihindarkan. Maka Instansi terkait tolong perhatikan, perkim penerangannya dibantu, DLH, PU, Bagian Umum dan lainnya misalkan kebutuhan tenda untuk UMKM. Protokol berkenaan dengan tamu VIP, termasuk Diskominfo dibantu promosi. Disparbud tentunya koordinasikan apa yang dibutuhkan dalam pelaksanaan festival,” tambahnya menjelaskan.

Amirullah juga tidak luput perhatiannya terhadap hal-hal krusial demi kenyamanan dan keamanan festival keris siginjai.

“Dinkes tolong ambulansnya ada di lokasi, Damkar juga armadanya harus ada, perbanyak saat malam puncak. Dan kepada bapak-bapak TNI dan Kepolisian mohon bantuannya dalam hal pengamanan. Selain itu, materi ada wisata sejarah bantu yang dibutuhkan,” harapnya.

“Terpenting kita harus berkolaborasi yang baik dan kuat, kita semua berdoa suksesnya festival keris siginjai. Sebelum pelaksanaan kita agendakan lagi pertemuan kedua, melihat progres,” tandasnya. (Hen/*)