Beranda Akses 5 Daerah di Jambi Zona Hijau Covid-19, Kecuali Kerinci yang Tak Boleh...

5 Daerah di Jambi Zona Hijau Covid-19, Kecuali Kerinci yang Tak Boleh Buka Sekolah

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah. Foto: Humas Pemprov Jambi
Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah. Foto: Humas Pemprov Jambi

JAMBI, AksesNews – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah menyampaikan hasil kesepakatan rapat Gugus Tugas Provinsi Jambi, salah satunya mengenai pembukaan kembali sekolah.

“Pembukaan sekolah hanya bisa dilaksanakan untuk wilayah kabupaten/kota dengan zona hijau Covid-19, dengan pengecualian Kabupaten Kerinci karena telah ada penambahan kasus dan satu kematian,” kata Johansyah, Sabtu (11/07/2020).

Daerah dengan status zona hijau di Jambi, antara lain Kabupaten Bungo, Tebo, Merangin dan Tanjung Jabung (Tanjab) Timur. Keempat kabupaten tersebut, diperbolehkan membuka sektor pendidikan atau kegiatan lainnya dengan dampak ekonomi rendah.

Kabupaten Bungo dan Tebo Jadi Zona Hijau Covid-19 Pertama di Jambi

Menurutnya, kegiatan terdampak ekonomi sedang dan tinggi sebagaimana tertera pada matriks rekomendasi diatas, disesuaikan dengan kondisi zonasi wilayah masing-masing kabupaten/kota di Jambi.

“Evaluasi mingguan zonasi dilakukan dengan penyediaan data update dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan Covid-19, setiap 7 hari dengan data kondisi harian,” jelasnya.

Evaluasi kondisi, kata Johansyah, pada tanggal 12 Juli (minggu ke-16, periode 6-12 Juli 2020), akan diupdate selambat-Iambatnya pada tanggal 14 atau 15 Juli 2020. Selanjutnya, akan ditentukan kemudian dengan kondisi update kondisi zonasi per minggu.

Dari 11 Daerah, Sudah 5 Kabupaten di Jambi Nihil Pasien Positif Covid-19

“Jika Kota Jambi sebagai daerah yang dinilai cukup siap dalam penerapan new normal, namun masih dengan status zona Kuning, dapat melakukan uji coba penerapan new normal dengan pemetaan risiko tingkat kecamatan,” ungkapnya.

Daerah tersebut dapat melaksanakan pembukaan sektor pendidikan pada kecamatan dengan zona hijau, menggunakan pemetaan risiko menggunakan 15 indikator Gugus Tugas Nasional oleh Tim Pakar dan Analisis Gugus Tugas Provinsi Jambi dan Gugus Tugas Kota Jambi. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi