Beranda Akses Di Tanjab Timur, Guru Pahami Covid-19 Dulu Sebelum Proses Mengajar saat Kenormalan...

Di Tanjab Timur, Guru Pahami Covid-19 Dulu Sebelum Proses Mengajar saat Kenormalan Baru

TANJABTIM, AksesJambi.com – Dicanangkannya masuk sekolah bagi siswa di normal baru ‘new Normal’ dengan menerapkan protokol Kesehatan membuat guru-guru mempersiapkan strategi dan memahami langka apa yang akan diterapkan agar proses belajar mengajar tatap aman dari penyebaran Covid-19.

Seperti yang dilakukan oleh 72 guru sekolah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation di Kecamatan Mendahara Ulu, Geragai, dan Muara Sabak Barat Tanjung Jabung (Tanjab) Timur mengikuti webinar langkah pencegahan penularan virus corona.

Melalui zoom meeting ini, para guru mempelajari materi tentang pencegahan penyebaran Covid-19 dan memutus mata rantai di sekolah, salah satu materinya adalah menghindari kontak fisik langsung seperti bersalaman, cium tangan dan berpelukan.

“Saya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation agar guru dan kepala sekolah menjadi aware terhadap bahaya covid-19 dengan melakukan pencegahan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan menggunakan hand sanitizer,” kata Kepala Dinas Pendidikan Tanjab Timur, Junaedi Rahmad, Kamis, (11/06/2020).

Junaedi juga menjelaskan bahwa pencegahan virus corona harus dimulai dari diri sendiri dengan menerapkan disiplin.

“Kami meminta agar hal-hal seperti ini mendapatkan perhatian penuh dari warga sekolah,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, guru-guru di beri materi terkait Covid-19, yakni tentang apa itu Covid-19, bagaimana gejalanya, seperti apa tanda-tandanya, bagaimana penularannya, bagaimana pencegahannya dan apa saja cara memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona. Materi ini pun langsung di beri secara virtual oleh Kepala Puskesmas Simpang Pandan, dr Dhitya Ilma Octavina Harapa.

“Ini merupakan langkah baik, guru-guru di Tanjab Timur mengetahui apa itu Covid-19, dan yang terpenting juga mencegahnya,” ujar dr Dhitya.

Selain itu, jika nanti kenormalan baru diberlakukan, maka guru-guru tersebut sudah siap dalam menghadapi aktivitas di sekolah.

“Kesiapan perlu dilakukan sejak sekarang, maka dari itu, mari kita jaga kebersihan dan kesehatan kita masing-masing termasuk nantinya di sekolah,” ujar Hamzah, Kepala SDN 81/X Pematang Rahim Mendahara Ulu. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi