Beranda Akses Alfa, Gajah Jantan di Kebun Binatang Jambi Alami Stres Usai Ditinggal Yanti

Alfa, Gajah Jantan di Kebun Binatang Jambi Alami Stres Usai Ditinggal Yanti

Foto Kenangan Alfa (kanan) bersama Yanti (kiri) saat masih sehat.
Foto Kenangan Alfa (kanan) bersama Yanti (kiri) saat masih sehat.

JAMBI, AksesNews – Seekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) bernama Alfa tampak sedang berduka, karena ditinggal pasangannya bernama Yanti, yang mati pada Kamis 8 Oktober 2020, karena penyakit Tetanus.

Gajah berumur 30 tahun dengan berat 3,7 ton itu, bahkan terlihat menghadap dinding di Kebun Binatang, Taman Rimba Jambi. Alfa tampak tidak ingin melihat pengunjung yang datang, untuk berkunjung ke sana.

Stres memang menyerang Alfa ketika mengetahui pasangannya tak lagi ada. Dokter Hewan Spesialis Gajah, Wisnu Wardana membenarkan hal ini, tetapi stress yang dialami Alfa tidaklah berat.

“Tingkat stresnya tidak terlalu berat, tadi dibawa menyusuri jalan juga masih bisa dan masih bisa makan,” katanya, Jumat (09/10/2020) kemarin.

Yanti, Gajah Betina di Kebun Binatang Jambi Diduga Mati karena Tetanus

Sementara itu, Kepala UPTD Taman Rimba Jambi Endang juga mengatakan bahwa setelah ditinggal oleh Yanti, gajah jantan kini mengalami stres. Agar Alfa tidak tenggelam lebih lama dalam stresnya, pendekatan terus-menerus dilakukan oleh mahoutnya.

“Ya, Alfa stress karena pasangannya mati. Penanganannya, dilakukan pendekatan terus secara bertahap oleh mahoutnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, bahwa Alfa menjadi penghuni Taman Rimba Jambi sejak tahun 2012 lalu. Kini Alfa merupakan satu-satunya gajah yang tinggal di kebun binatang tersebut. (Sob/*)

DRadio 104,3 FM Jambi