Beranda Akses Tak Gratis, Pemkot Jambi Akan Antar Jemput Anak Sekolah dengan Bus Kapsul

Tak Gratis, Pemkot Jambi Akan Antar Jemput Anak Sekolah dengan Bus Kapsul

KOTAJAMBI, AksesNews – Selama masa Pendemi Covid-19, pemerintah kota Jambi fasilitasi transportasi untuk anak-anak sekolah bagi orang tua yang tidak bisa melakukan antar jemput sendiri.

Pelayanan antar jemput untuk anak sekolah di kita Jambi ini disediakan kapsul bus (Capsule bus) Koja Trans.

Dalam fasilitas yang disediakan pemerintah kota ini tidaklah gratis, karena dalam pembayaran bus diserahkan kepada kesepakatan pihak sekolah dengan orang tua murid.

“Bagi orang tua yang tidak bisa menjemput, kita anjurkan untuk naik Koja Trans, untuk pembayaran orang tua dan pihak sekolah akan berkordinasi,” kata Fasha, Jumat (10/07/2020).

Menurutnya, layanan Koja Trans relatif lebih aman karena mengikuti prosedur kesehatan, sehingga bisa mengurangi potensi penyebaran virus Corona.

Fasha juga meminta orang tua untuk membekali anak-anaknya dengan masker, makanan sendiri dari rumah, dan jika memungkinan juga sarung tangan dan hand sanitizer.

Diketahui, kapsul bus yang diresmikan pada Oktober 2019 lalu, merupakan layanan angkutan dalam kota Jambi dengan sistem online. Kapsul bus ini merupakan produk kerjasama dari PT Multi Inti Digital Bisnis (MDB) melalui anak perusahaannya, Multi Inti Digital Transportasi (MDT), yang bernaung di bawah Multi Inti Sarana Group (MIS Group).

Meski dengan konsep modern, tidak semua orang dapat menggunakan bus ini lantaran calon pengguna jasa harus mengunduh aplikasi. Selain itu, fungsi aplikasi ini untuk melihat jadwal operasi bus dan titik lokasi serta guna mengetahui posisi dan jam keberangkatan.

Sedikit ribet, pembayaran kapsul bus ini harus dengan uang elektronik dengan menggunakan aplikasinya. Jadi, sebelum memesan, calon penumpang harus mengisi dulu uang elektroniknya. Namun, kemudahan dalam pembayaran hanya melakukan tap uang elektronik di pintu masuk bus dengan nilai transaksi yang terjangkau.

Bus ini memiliki13 kursi penumpang dan 1 pengemudi. Selain itu juga dilengkapi beragam fasilitas, antara lain AC, CCTV, free WiFi, USB charger, bangku prioritas untuk penumpang dengan kondisi khusus, dan multimedia. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi