Beranda Akses Iuran Dinaikan, Peserta BPJS Kesehatan di Jambi Banyak yang Pilih Turun Kelas

Iuran Dinaikan, Peserta BPJS Kesehatan di Jambi Banyak yang Pilih Turun Kelas

JAMBI, AksesNews – Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jambi, Rizki Lestari menyatakan banyaknya peserta turun kelas sejak ditetapkannya kenaikan iuran peserta JKN-KIS yang terhitung dimulai 1 Januari tahun 2020.

“Memang setelah berlakunya Perpres No. 75 Tahun 2019, peserta mandiri kalau kita lihat antriannya di kantor BPJS Kesehatan Cabang Jambi jumlah peserta yang turun kelas meningkat,” kata Rizky, Jumat (10/01/2020).

Dari data Nasional, kata Rizky, lebih banyak peserta yang mengakses ingin turun kelas. Untuk jumlah peserta yang turun kelas dikantor BPJS Kesehatan Cabang Jambi, belum bisa dilihat karena data tersebut tersentral dipusat.

“Berdasarkan data Nasional lebih banyak yang mengakses ingin turun kelas, tapi memang dari tanggal 9 Desember-29 Desember 2019 lalu se-Indonesia itu ada 793.708 record yang terekam pindah dari kelas satu ke kelas dua sebanyak ada 96 ribu, dan yang pindah ke kelas tiga ada 188 ribu,” jelasnya.

Selain itu, Rizki juga menjelaskan bila dalam satu orang didalam KK ingin turun kelas maka otomatis semua yang didalam KK itu akan turun kelas semua. Mengenai peserta yang ingin turun kelas namun masih ada tunggakan, mereka tetap bisa untuk turun kelas meski ada tunggakan.

“Bagaimana peserta mandiri mempunyai tunggakan dan peserta tersebut ingin turun kelas. Nah, peserta tetap masih bisa untuk turun kelas, Walaupun peserta belum mampu membayar tunggakan. Turun kelas ini adalah untuk peserta yang telah terdaftar sudah menjadi peserta JKN-KIS sebelum tanggal 1 Januari tahun 2020,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi