Beranda Akses Harga Kelapa Naik Rp 1.500 per Biji

Harga Kelapa Naik Rp 1.500 per Biji

TANJABBAR, AksesJambi.com – Setelah sekian lama, harga kelapa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) mulai merangkak naik. Harga jual kelapa saat ini Rp 1,5 ribu per biji.

Harga kelapa dalam di Kabupaten Tanjung Jabung Barat membuat masyarakat semringah. Sebab setelah beberapa bulan terakhir, harga kelapa anjlok, hingga Rp 600 per bijinya.

Akibat harga yang begitu murah, kelapa banyak membusuk dikarenakan tidak diterima tengkulak.

Dengan kenaikan ini pun membuat petani kelapa turut berbahagia, dikarenakan pendapatan masyarakat meningkat.

Meli, salah satu warga Keluaran Nelayan, Kecamatan Tungkal Ilir, mengucap syukur atas kenaikan harga tersebut. Sebab dengan kenaikan ini, membuat perekonomian masyarakat membaik.

“Alhamdulillah, sudah sekian lama harga anjlok, sekarang mulai naiklah. Jadi bisa bernapas, apalagi bagi yang punya anak sekolah,” ungkapnya.

Dia mengharapkan harga itu dapat bertahan dengan lama, jangan sampai turun. Sebab bertani kelapa menjadi ujung tombak penghasilan masyarakat.

Untuk diketahui, bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki komoditas utama pertanian yaitu Kelapa Dalam.

Sementara itu Bahrudin, Pengepul Kelapa Dalam di RT 07, Dusun Bahagia, Desa Tungkal I, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengatakan harga yang sudah membaik itu mulai berdampak pada masyarakat dan penjulannya.

Sebab dengan harga yang membaik itu masyarakat mulai merawat kelapa dengan baik. Bahkan kelapa dari masyarakat yang diterimanya cukup baik.

“Sekarang itu warga banyak jual kelapanya, alhamdulillah lah. Dulu tak karuan, entah dirawat entah idak,” katanya.

Sementara untuk harga, Bahrudin menuturkan penjualannya bervariasi antara kiloan atau bijian.

“Kelapa dalam dari masyarakat itu kalau per kilo seharga Rp 1,8 ribu. Kalau per biji dijual dengan harga Rp 1,5 ribu,” ujarnya.

Kelapa Dalam itu kata Bahrudin dijual ke Provinsi Riau dan Pulau Jawa dan sekitarnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi