Beranda Akses 4 Petugas Keamanan Angso Duo Baru Tak Terima Gaji Selama 2 Bulan...

4 Petugas Keamanan Angso Duo Baru Tak Terima Gaji Selama 2 Bulan dari PT EBN

JAMBI, AksesNews – Sudah 2 bulan bekerja, 4 orang petugas keamanan PT EBN yang bertugas sebagai penjaga keamanan di Pasar Angso Duo Baru mengaku tak terima gaji.

Mirisnya lagi, Dedi, Jemy, Riki dan Sinta tak diakui statusnya di EBN oleh HRD-nya sendiri. Padahal, dari pengakuan Dedi, mereka sudah dipersilahkan bekerja oleh HRD-nya, Maipul saat menghadap dan tandatangan fakta integritas pada bulan Juli 2020 lalu.

“Kami berempat mulai bekerja pada 13 Juli lalu dan belum pernah terima gaji. Kami pun sudah menghadap HRD, Senin (08/09) kemarin untuk mempertanyakan hak kami yang sudah bekerja. Namun, katanya hak kami yang mana,” jelas Dedi saat dikonfirmasi AksesJambi.com, Rabu (09/09/2020).

Lanjut Dedi, dirinya dan teman-temannya jug hanya meminta hak yang sudah bekerja selama di EBN. Ditambah lagi mereka bekerja sampai 12 jam sehari. Jangankan gaji, status pun tak diakui dengan alasan tak terdaftar.

“Alasannya kami tak terdaftar, padahal kami sudah tandatangan fakta integritas. Secara administrasi sudah kami penuhi semua, kok kami dibilang tidak terdaftar oleh HRD. Sebelumnya, kami diterima di sini dari HRD itu juga,” paparnya.

“Saat menghadap, kami menanyakan status kami, HRD bilang untuk sekarang ini kalian berempat menunggu dulu, karena belum ada kata kepastian dari Pak Jatmiko. Namun kami tanya lagi hak kami selama dua bulan, dirinya bilang hak kalian 2 bulan yang mana? Kami sebut hak kami bekerja selama 2 bulan ini, dijawab hak kalian tidak ada, siapa yang memperkerjakan kalian di sini, siapa yang mau bayar kalian di sini,” terang Dedi.

Keempat pekerja keamanan EBN ini hanya meminta hak dan kepastian statusnya, karena kebutuhan ekonominya hanya bergantung pada gaji tersebut.

Menanggapi hal tersebut, HRD PT EBN, Maipul mengatakan mereka tidak ada SK dan juga perjanjian kerja. Mereka pun tak pernah di terima dan tak punya SK.

“Tanyalah ke mereka, apakah punya SK, apakah punya perjanjian kerja. Yang suruh kerja siapa. Saya tak ada suruh mereka kerja,” kata HRD EBN saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (09/09/2020) sore.

Terkait hak kerja yang telah dilakukan selama 2 bulan oleh 4 orang petugas keamanan, HRD ini hanya menegaskan tidak ada perintah kerja.

“Yang nyuruh mereka kerja selama 2 bulan ini siapa?, saya tak ada perintahkan mereka kerja karena SK-nya belum ada. Prosedurnya, setiap karyawan sudah di-SK-an baru bisa bekerja. Dimana-mana SK dulu keluar baru kerja,” jelasnya.

“Saya sudah bilang tak usah kerja dulu, mereka masih saja datang,” tambahnya.

Menurutnya, saat 4 orang tersebut setelah melamar kerja belum disuruh untuk kerja dan menunggu SK keluar dulu baru bisa kerja dan nanti akan ditentukan pada bagian mana dan apa.

“Mereka sudah masuki lamaran, kita masih ada proses, bukan mudah menerima pekerja di masa Covid-19 ini, sekarang kami masih mempertimbangkan. Terima atau tidak, kan hak kami di perusahaan,” pungkasnya. (Alra)

DRadio 104,3 FM Jambi