Beranda Akses Musda Golkar Kota Jambi Belum Kelar, Surat Penunjukan Plt Keluar

Musda Golkar Kota Jambi Belum Kelar, Surat Penunjukan Plt Keluar

Saat pembukaan Musda. Foto: instagram @partaigolkarjambi
Saat pembukaan Musda. Foto: instagram @partaigolkarjambi

KOTAJAMBI, AksesNews – Ketika beberapa waktu lalu Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jambi, Cek Endra (CE) memerintahkan agar Musyawarah Daerah (Musda) X Partai Golkar Kota Jambi dilanjutkan, tiba-tiba surat penunjukan Plt Ketua DPD Partai Golkar Kota Jambi dikeluarkan.

Padahal, disposisi untuk lanjutan musda yang ditujukan kepada Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Jambi dan Ketua SC Musda Golkar Kota Jambi itu dijalani dan masih dalam proses pelaksanaan.

SK bernomor KEP-08/DPDG-I/VIII/2020 itu beredar pada Minggu (09/08/2020). Dalam SK itu ditunjuk As’ari Syafei sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPD Partai Golkar Kota Jambi. Tugasnya melaksanakan musda sampai terpilihnya ketua definitif.

Dalam SK, terdapat tanda tangan Ketua Partai Golkar Provinsi Jambi, Cek Endra dan A Rahman selaku Sekretaris DPD Golkar Provinsi Jambi.

Ketua SC Musda X Partai Golkar Kota Jambi, Ahmad Hanafiah mengaku terkejut dengan terbitnya SK tersebut.

Hanafi mengaku terkejut dengan adanya SK itu. Pasalnya, tanggal 29 Juli 2020, Cek Endra memerintahkan dirinya melanjutkan Musda X Golkar Kota Jambi yang tertunda.

“Setelah memerintahkan melanjutkan musda, dalam tempo beberapa hari ditanda tangani lagi SK Plt. Apakah benar seperti itu?,” kata Hanafi, Minggu (09/08/2020) malam.

Ditunda Tanpa Batas Waktu, Musda Golkar Kota Jambi Dinilai Langgar Tatib

Hanafie menyatakan masih menunggu konfirmasi dari Cek Endra terkait SK tersebut. Namun jika SK itu benar, menurut Hanafi SK pengangkatan pelaksana tugas tersebut sudah menyalahi aturan.

“Untuk menunjuk plt harus ada rapat pleno pengurus. Bukan rapat bidang organisasi. Itu sudah salah kaprah. Dalam AD/ART Partai Golkar menyatakan rapat wakil ketua bidang organisasi tidak ada yang diperluas,” tandas Hanafi.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jambi, Cek Endra, yang dikonfirmasi soal SK itu belum ada jawaban. Begitu pula sekretaris, A Rahman yang biasa disapa Cemen, tidak menjawab ketika dihubungi melalui telepon.

Yang menarik, dalam surat tersebut, DPD Partai Golkar Provinsi Jambi menulis alasan yang di muat dalam menimbang:

A. Bahwa untuk menjaga soliditas dan dan melaksanakan program kerja partai Golkar Kota Jambi serta melaksanakan Musda DPD partai Golkar Kota Jambi maka dipandang perlu mengangkat pelaksana tugas ketua DPD Golkar Kota Jambi sampai dilaksanakan Musda partai Golkar Kota Jambi sebagaimana yang diatur dalam AD ART dan peraturan organisasi partai Golkar.

B. Bahwa sehubungan dengan itu perlu ditetapkan keputusan DPD partai Golkar Provinsi Jambi tentang pelaksana tugas ketua DPD partai Golkar Kota Jambi masa bakti 2015-2020.

Musda DPD II Golkar Akan Berlanjut 5 Agustus, Kota Jambi Entah Kapan?

Selain itu, dalam surat tersebut juga memperhatikan:

1. Berita acara cara persidangan Musda X partai Golkar Kota Jambi di mana terdapat penolakan laporan pertanggungjawaban DPD partai Golkar periode 2016 2020 oleh sebagian besar peserta Musda dan dinilai suasana Musda X partai Golkar Kota Jambi sudah tidak kondusif maka Musda diskor dan di pending dengan waktu yang tidak ditentukan. Sampai saat ini belum ada upaya pengurus DPD partai Golkar Kota Jambi untuk menyelesaikan Musdah tersebut.

2. Keputusan rapat bidang organisasi diperluas partai Golkar Provinsi Jambi tanggal 6 Agustus 2020.

Dari hal tersebut, maka DPD Partai Golkar Provinsi Jambi memutuskan, Menetapkan Pengangkatan pelaksana tugas ketua DPD partai Golkar Kota Jambi masa bakti 2016-2020.

Pertama, mengangkat saudara As’ari Syafei sebagai pelaksana tugas ketua DPD partai Golkar Kota Jambi.

Kedu, Pelaksana tugas ketua DPD partai Golkar Kota Jambi sebagaimana diktum ketiga keputusan ini bertugas melaksanakan Musda partai Golkar Kota Jambi sampai terpilihnya ketua DPD partai Golkar Kota Jambi secara definitif.

Ketiga, keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jambi, Cek Endra dan Sekertaris, A Rahman tertanggal 06 Agustus 2020. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi