Beranda Akses Demi Pulang Kampung, Pria Ini Nekat Curi Emas di Orang Kayo Hitam

Demi Pulang Kampung, Pria Ini Nekat Curi Emas di Orang Kayo Hitam

JAMBI, AksesNews – Tidak bisa pulang kampung ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Muhidin (59) nekat melakukan percobaan pencurian emas yang berada di Toko Emas Permai, kawasan Jalan Dr. Wahidin, Kelurahan Orang Kayo Hitam, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Sabtu (05/12/2020) lalu.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, saat itu pelaku berpura-pura membeli sebuah emas yang saat itu toko sedang ramai pembeli. Karena ramai, pemilik toko yakni Budiman lengah. Akhirnya, pelaku pun melancarkan aksinya dan langsung membawa emas tersebut kabur.

Namun, beruntung Budiman sadar akan barang ditokonya ada yang hilang. Ia langsung berteriak maling, dengan sigap warga sekitar pun berhasil mengamankan pelaku yang tak bisa berkutik lagi dan pasrah akan dirinya ditangkap, untung saja dirinya tidak diamuk massa.

Budiman selaku pemilik Toko Emas Permai menceritakan kejadian tersebut, saat itu pelaku datang ke toko, dan melihat emas yang ada di toko, karena masih melihat-melihat jadi ia pun melayanin pembeli lainnya.

“Tapi, saat saya lihat pelaku sudah kabur, dan spontan saya langsung berteriak maling, pelaku mengambil emas dengan berat 2 suku dan kalau diuangkan itu kurang lebih seharga Rp 10 juta dilihat dari harga pasaran emas saat ini,” jelasnya.

Atas kejadian tersebut, pelaku langsung dibawa ke Polsek Pasar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kanit Reskrim Polsek Pasar, Ipda Rino, membenarkan atas kejadian tersebut. Saat ini, pelaku sudah diamankan dan ditahan di Polsek Pasar.

“Pelaku ini bermodus berpura-pura membeli sebuah emas, kemudian saat pemilik toko lengah, pelaku langsung berlari,” katanya

Dari hasil pemeriksaan, pelaku ini merupakan pensiunan PNS yang masih pihaknya dalami. Saat ini pelaku masih dilakukan pemeriksaan, dan nantinya akan dikenai pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara.

Dalam hal ini, polisi juga selalu menghimbau ke seluruh pemilik toko emas untuk selalu waspada terkhusus kepada pemilik toko emas yang berada di wilayah hukum Polsek Pasar agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap aksi kejahatan, pencurian atau pun perampokan yang suatu waktu bisa terjadi.

“Untuk itu, dibutuhkan kerjasamanya untuk mengatasi hal-hal tersebut dengan cara melengkapai toko emas dengan CCTV, Security atau pun besi teralis tambahan. Jika ada orang yang terlihat mencurigakan, untuk segera melaporkan ke Polsek Pasar untuk ditindak lanjuti,” tutupnya. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi