Beranda Akses Warga Kota Jambi yang Tak Pakai Masker saat Keluar Rumah Kena Denda Rp...

Warga Kota Jambi yang Tak Pakai Masker saat Keluar Rumah Kena Denda Rp 50 Ribu

KOTAJAMBI, AksesNews Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mengumumkan masyarakat diwajibkan memakai masker jika keluar rumah di tengah pandemi Covid-19. Aturan itu berlaku mulai hari ini, Senin (08/06/2020).

Warga Kota Jambi yang tidak menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah akan diberi sanksi. Masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker akan diwajibkan membayar denda sebesar Rp 50.000.

Sanksi tersebut diatur dalam Peraturan Wali Kota No. 21/2020, terkait Pedoman penanganan Covid-19 di area publik/lingkungan usaha dan masyarakat dalam pemberlakukan relaksasi ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Tatanan Baru, Pemkot Jambi Relaksasi Aktivitas Ekonomi dan Sosial Masyarakat

Kebijakan denda dilakukan agar relaksasi atau pelonggaran untuk memastikan masa transisi persiapan ke tatanan hidup normal dapat dilakukan secara bertahap, tanpa ada resiko penambahan Covid-19.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan kebijakan wajib pakai masker tersebut, diambil untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Kota Jambi di masa pandemi hingga 30 Juni 2020.

“Masyarakat yang beraktivitas di luar rumah tetapi tidak menggunakan masker dikenakan denda Rp 50.000,” kata Wali Kota Fasha, Senin (08/06/2020).

Razia Masker di Kota Jambi: Tak Mampu Bayar Rp 50 Ribu, KTP/SIM Ditahan

Sudah ada tim yang dibentuk untuk melaksanakan kebijakan tersebut, kata Fasha, sebagai bagian dari pemberlakuan relaksasi ekonomi dan sosial kemasyarakatan selama masa pandemi Covid-19.

“Sebanyak 113 orang dibentuk dalam tim itu. Penindakan, tidak dilakukan ditempat guna menghindari terjadinya penyelewengan. Ada mekanisme khususnya, jadi nanti denda memang masuk ke kas daerah,” kata Fasha.

Untuk itu, diharapkan kepada Masyarakat Kota Jambi untuk mematuhi kebijakan ini. Pasalnya, Pemkot Jambi telah mesosialisasikan seminggu sebelum penerapan sanksi denda ini. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi