Beranda Akses Rp 6,3 Miliar untuk Bantuan Laptop dan Komputer Sekolah di Batanghari

Rp 6,3 Miliar untuk Bantuan Laptop dan Komputer Sekolah di Batanghari

BATANGHARI, AksesJambi.com – Sebanyak 24 sekolah di Batanghari menerima bantuan unit laptop dan komputer dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI), hal tersebut diungkapkan Kasi Kelembagaan Sarana dan Prasaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari, Yan Toni.

Dikatakannya, untuk tahun ini, sekolah di Batanghari menerima bantuan sebesar Rp 22 miliar. Jumlah tersebut terbagi untuk fasilitas, dan juga sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah.

“Saat ini kita sudah menyalurkan bantuan unit komputer dan laptop untuk di 24 sekolah di Batanghari,” ucapnya kepada aksesjambi.com, Senin (08/06/2020).

Bantuan unit komputer tersebut diberikan untuk 20 Sekolah Dasar (SD) dan 4 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Batanghari dengan rincian, setiap SD menerima bantuan masing-masing 28 unit komputer dan 6 unit laptop, dan 4 SMP di Batanghari hanya menerima bantuan 2 unit laptop di masing-masing sekolah.

“Total bantuan yang disalurkan untuk sekolah penerima DAK yakni , 560 unit komputer, 128 unit laptop. Dengan memakan anggaran Rp 1,3 Miliar untuk laptop dan Rp 5 Miliar untuk komputer,” ujarnya.

Dikatakannya, meski laptop tersebut sudah disalurkan, namun untuk pembayaran kepada pihak ketiga selaku mitra belum dibayarkan, hal itu dikarenakan dana tersebut belum ditransfer oleh pihak pusat.

“Data sekolah penerima bantuan belum bisa saya berikan, kalian bisa juga meminta datanya di Bakeuda dan lihat di SIRUP LKPP,” sambungnya.

Dikatakan Yan Toni, selain bantuan laptop dan komputer, DAK tersebut juga akan digunakan sekolah penerima bantuan untuk renovasi sekolah dan pengadaan sarana prasarana lainnya,

“Pencairan bantuan DAK dari pusat ini biasanya terbagi dibeberapa tahapan, sesuai dengan pengajuan masing-masing sekolah yang di ACC pihak Kementerian,” pungkasnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi