Beranda Akses 4 Truk Ditilang Polisi di Kota Jambi karena Angkut Sawit

4 Truk Ditilang Polisi di Kota Jambi karena Angkut Sawit

JAMBI, AksesNews – Sebanyak 4 truk ditilang polisi lantaran melintasi Jambi dengan mengangkut kelapa sawit. Para sopir truk itu melanggar surat edaran (SE) Gubernur Jambi, yakni SE 1039/Dishub-3/IV/2022.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Jambi, Kompol Aulia Rahmat menyampaikan pihaknya menilang para pengendara dan 4 truk ini sekitar pukul 09.00 WIB, Sabtu (07/05/2022).

Awalnya, Polresta Jambi mendapatkan informasi adanya 4 truk sawit yang melintas di Kabupaten Muaro Jambi. Berbekal informasi itu, personel dari Polresta Jambi langsung menyusul keempat truk ini.

“Personel Satlantas Polresta Jambi menindak 4 truk non-esensial yang beroperasi di waktu yang telah dilarang, di Jalan Baru, Kota Jambi,” ujarnya, Sabtu (07/05/2022) siang.

Para sopir truk ini telah melanggar SE Gubernur Jambi. Dalam surat edaran tersebut, dijelaskan bahwa truk angkutan barang non esensial, seperti kelapa sawit, batu bara, dan lainnya, dilarang melintasi Jambi dari tanggal 28 April hingga 9 Mei tahun 2022.

Sejauh ini, kata Aulia, pihaknya baru menilang 4 truk yang melanggar. Jika ada penindakan lagi, pihaknya akan menyebarkan informasi tersebut.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Jambi, Kombes Pol Dhafi mengatakan Polda Jambi terus berkoordinasi dengan pihak dinas perhubungan, mulai dari tanggal 28 April hingga 9 Mei tahun 2022.

Selama arus mudik dan arus balik, kata Dhafi, angkutan barang non-esensial, dilarang beroperasi untuk mengantisipasi kemacetan jalan di Jambi.

“Bila melanggar akan ditindak tegas dengan penilangan, hingga sanksi pencabutan izin operasional dari dinas perhubungan, dan BPTD,” pungkasnya. (Sob)