Beranda Akses Pemerintah Desa Sengkati Kecil Salurkan BLT Tahap Pertama

Pemerintah Desa Sengkati Kecil Salurkan BLT Tahap Pertama

BATANGHARI, AksesJambi.com – Sebagian besar masyarakat utamanya masyarakat kelas menengah ke bawah paling riskan terdampak akibat adanya wabah Covid – 19 dan sebagian dari mereka kini hidup tanpa pekerjaan, tanpa pemasukan serta dibagian lain terseok-seok mempertahankan usaha.

Guna untuk mengatasi berbagai dampak terutama dibidang ekonomi tersebut pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk membantu kesulitan dari warga yang terdampak adanya wabah Corona Virus Disearse (Covid 19) yang salah satunya adalah program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang mulai diberikan kepada warga.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sengkati Kecil, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari. Setelah melalui beberapa tahapan, BLT pun disalurkan ke para warga yang menerima bantuan tersebut, Penjabat Kepala Desa Sengkati Kecil,,
Aprieldi, S.Kep bersama Ketua pelaksana Tim penyalur BLT DD melaksanakan rapat di kantor Desa dengan agenda pembagian tim penyelenggaraan Penyaluran bantuan langsung kepada masyarakat, Kamis Kemarin (07/05/2020).

Dikatakannya, Pada pembagian BLT tersebut di akomodir langsung oleh Ketua BPD dan bekerja sama dengan perangkat desa yang terbagi menjadi empat Tim Penyaluran bantuan langsung ke masyarakat yang telah terdata sebelumnya.

” Pencairan BLT yang kita salurkan sekarang ini, yaitu pencarian tahap pertama untuk di bulan April, dan untuk tahap kedua pencairan bulan Mei akan kita selenggarakan dalam Waktu dekat ini,” katanya.

Disebutkan Aprieldi, jumlah penerima yang telah terdata melalui Musdes yang di ajukan pada pencairan tahap pertama di desa Sengkati kecil sebanyak 117 Kepala Keluarga yang tergolong masyarakat kurang mampu, dan masyarakat yang sudah lansia.

”Melalui Musdes dari 11 ketua Rukun Tetangga (RT) dan 3 Kepala Dusun di Desa Sengkati kecil kita telah memperoleh 117 warga yang layak menerima BLT dengan total anggaran pencairan tahap awal sebanyak 70.200.000,” terangnya.

”Semoga dengan bantuan yang disalurkan kepada masyarakat penerima BLT dapat meringankan beban perekonomian di masa pandemi seperti sekarang ini,” tambahnya.

Sementara itu, Tambrin salah satu warga penerima BLT mengucapan terima kasih atas bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari pemerintah terkait dampak penurunan perekonomian dimasa pandemi Covid-19.

”Alhamdulillah Saya sangat berterima kasih atas uluran tangan dari pemerintah desa khususnya Kepala Desa, ketua BPD beserta jajaran nya yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan,” ucap Tambrin

Untuk diketahui BLT tersebut bersumber dari Dana Desa yang di salurkan per Kepala Keluarga (KK) sebesar 600.000 yg telah diatur dalam Permen desa PDTT No 6 Tahun 2020 yang merupakan revisi Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Yang dibayarkan terhitung bulan April, Mei hingga bulan Juni.

Turut hadir pada acara tersebut Kelapa seksi Pemerintahan Kecamatan Mersam, Ketua BPD Nurhasima, Pendamping lokal Desa, Rahmawati, seluruh Ketua Rt dan Kadus Sengkati Kecil, dan Para anggota tim Penyaluran BLT dan tamu undangan lainnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi