Beranda Advertorial Proteksi Ketat Perbatasan Jambi-Riau

Proteksi Ketat Perbatasan Jambi-Riau

JAMBI, AksesNews – Proteksi ketat di Perbatasan antara Provinsi Jambi dan Provinsi Riau, dilakukan dengan mendirikan Posko Terpadu Penanganan COVID-19, yang berada di Lintas Timur Km.158, Dusun Kebun, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Sesuai Protap (Prosedur Tetap) pecegahan, setiap pengemudi dan kendaraan yang masuk ke Provinsi Jambi langsung diperiksa oleh petugas. Tim terpadu yang terdiri dari tenaga medis, TNI/Polri akan memeriksa setiap para penumpang bis, travel, maupun pengendara yang baru tiba dari luar kota/provinsi dan yang akan memasuki Provinsi Jambi.

Tahap-tahap yang dilalui adalah para petugas dengan menggunakan APD melakukan penyemprotan disinfektan setiap mobil dan para penumpang setelah turun dari bis berbaris di tenda dengan tetap menjaga jarak, setelah itu mencuci tangan, masuk bilik yang disemprotkan cairan disinfektan, pemeriksaan suhu tubuh, dan pengisian kartu identitas.

Bagi yang telah melakukan pemeriksaan dan tidak memiliki indikasi terpapar Covid-19 dapat kembali ke bus, sedangkan mereka yang memiliki indikasi terpapar Covid-19, di posko tersebut juga telah disediakan tenda isolasi.

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Fachrori Umar mengatakan, Proteksi ketat di wilayah perbatasan menjadi salah satu upaya untuk menyetop penyebaran Covid-19.

Semua kendaraan yang melintas wajib berhenti untuk diperiksa dab wajib dicek kesehatannya oleh petugas gabungan.

“Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pengecekan suhu badan serta pengecekan kesehatan ringan lainnya, dan juga penyemprotan disinfektan. Dengan adanya posko kesehatan di perbatasan ini, masyarakat diharapkan sadar akan pentingnya pengecekan kesehatan, terutama warga yang baru pulang dari perantauan,” jelas Fachrori saat melakukan peninjauan langsung di posko perbatasan Jambi-Riau, Rabu (08/04/2020).

Selain itu, Kapolda Jambi Irjen Pol Firman mengimbau masyarakat untuk saling peduli dan membantu sesasama di tengah wabah Covid-19 ini yang saat ini tengah dihadapi di Indonesia dan negara-negara terdampak lainnya.

“Jadi, mari kita sama-sama menumbuhkan sifat saling peduli, petugas, masyarakat, medis, TNI dan Polri, semuanya bersama-sama menghadapi Corona,” kata Kapolda Jambi yang juga ikut dalam rombongan saat meninjau posko perbatasan. (Bob/*)

DRadio 104,3 FM Jambi