Beranda Akses Jambi Masuk 3 Besar Nasional, Sungai Penuh Peringkat 2 Daerah Paling Rawan

Jambi Masuk 3 Besar Nasional, Sungai Penuh Peringkat 2 Daerah Paling Rawan

JAMBI, AksesNews – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI merilis tingkat kerawanan 270 daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020. Berdasarkan pemutkahiran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), secara menyeluruh kerawanan pilkada meningkat.

Berdasarkan IKP tersebut, Provinsi Jambi masuk tiga besar daerah paling rawan pada penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada 9 Desember nanti. Kota Sungai Penuh juga jadidaerah rawan untuk pemilihan bupati/wali kota.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi mengatakan kerawanan pilkada di Jambi masuk dalam peringkat ketiga, dengan persentase 79,13 persen setelah Sulawesi Utara (87,43) dan Sumatera Barat (86,57).

Sementara pada penyelenggaraan pemilihan bupati/wali kota, kabupaten/kota yang masuk tiga besar dengan kerawanan tertinggi adalah Kabupaten Manokwari (78,85), Kota Sungai Penuh (76,19) dan Kota Ternate (66,73).

“Kota Sungai Penuh menjadi daerah rawan tertinggi nomor dua setelah Kabupaten Manokwari,” kata Asnawi, Senin (07/12/2020).

Sebelumnya, Kota Sungai Penuh menjadi daerah rawan peringkat pertama, namun setelah di update Kota Sungai Penuh tetap menjadi daerah rawan tertinggi se-Indonesia.

Salah satu aspek yang disoroti adalah masalah pandemi, dimana Bawaslu juga menyoroti indikator jaringan internet yang disediakan pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara. Bawaslu juga menyoroti kerawanan dalam isu jaringan internet.

“Jaringan internet menjadi krusial, mengingat KPU menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Untuk pemilihan gubernur, bahkan seluruh provinsi terindikasi rawan tinggi pada aspek jaringan internet,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi