Beranda Akses Akibat Corona Stok Darah Berkurang, Polda Jambi dan PMI Gelar Donor Darah

Akibat Corona Stok Darah Berkurang, Polda Jambi dan PMI Gelar Donor Darah

JAMBI, AksesNews – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi dalam hal ini Bid Dokkes Polda Jambi bekerjasama dengan PMI Provinsi Jambi menggelar kegiatan donor darah untuk membantu persediaan darah, yang mulai berkurang akibat virus Corona (COVID-19).

Kegiatan donor darah tersebut, berlangsung di Balai Bhayangkara Siginjai Mapolda Jambi, Selasa (07/04/2020) yang diikuti oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Drs. Firman Shantyabudi, M.Si., Irwasda Polda Jambi, Pejabat Utama Polda Jambi dan Personil Polda Jambi.

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi, mengatakan kegiatan ini merupakan bakti kesehatan yang merupakan tindak lanjut nota kesepahaman antara Mabes Polri dengan Ketua PMI Jusuf Kalla terkait persediaan darah.

Menurutnya, Polda Jambi berusaha membantu ketersediaan darah di PMI terutama pada saat wabah COVID-19 jumlah ketersediaan darah berkurang karena pendonor yang menjalani pembatasan sosial.

“Kita bekerja sama membantu PMI untuk menjaga ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan,” katanya, Selasa (07/04/2020).

Kuswahyudi juga mengatakan dalam pelaksanaan donor darah dilaksanakan sesuai dengan aturan pembatasan sosial yakni pendonor wajib menggunakan masker, membuat jarak sekitar 1,5 meter antara setiap pendonor dan lainnya.

“Kita memperhatikan hal ini agar jangan ada yang menyebarkan virus apalagi sebelum memasuki Mapolda, pendonor harus melewati pemeriksaan suhu tubuh dan bilik disinfektan sebelum memasuki Mapolda Jambi, termasuk Kapolda Jambi,” katanya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan baksi sosial tersebut, jumlah kantong darah yang terkumpul sebanyak 54 kantong dan sudah diserahkan ke PMI. (Team AJ)