Beranda Akses Melalui APBD, Pemkab Sarolangun Resmi Replikasi Program PINTAR

Melalui APBD, Pemkab Sarolangun Resmi Replikasi Program PINTAR

SAROLANGUN, AksesJambi.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dasar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun bekerjasama dengan Tanoto Foundation. Kerjasama tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding dan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sarolangun dengan Tanoto Foundation di aula Pemkab, Selasa, (05/02/2020) kemarin.

Kegiatan yang dibiayai melalui APBD Pemerintah Kabupaten Sarolangun tersebut akan menyelenggarakan paket pelatihan Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) seperti praktik baik dalam pembelajaran, manajemen berbasis sekolah, dan budaya baca.

Margaretha Ari Widowati, Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sarolangun yang menyiapkan anggaran APBD untuk mendiseminasikan Program PINTAR di bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko.

“Pendidikan yang berkualitas di semua sekolah bisa mempercepat kesetaraan peluang siswa ke depan. Pemerintah Kabupaten Sarolangun berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan itu semua, karena siswalah yang nantinya akan mendapatkan manfaat dari program ini, kedepan semoga semakin banyak sekolah yang mendapatkan manfaat Program PINTAR,” ujar Margaretha Ari Widowati.

Margaretha menambahkan untuk mewujudkan praktik-praktik baik dalam pembelajaran, budaya baca, dan manajemen sekolah, dibutuhkan komitmen dari seluruh warga sekolah, mulai dari guru, orangtua, kepala sekolah dan komite sekolah.

“Fokus utama program ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui perubahan proses pembelajaran oleh guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan dukungan dari peran serta masyarakat, oleh karena itu kami mengajak para guru, kepala sekolah dan pengawas untuk terlibat aktif dalam program ini,” ungkapnya.

Di Kabupaten Sarolangun terdapat 24 sekolah mitra dan 32 fasilitator daerah pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah dalam menjalankan Program PINTAR ini.

Bupati Sarolangun, H. Cek Endra dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Sekretariat Daerah, Hazrian, SE, M.Si, mengatakan, Program PINTAR dari Tanoto Foundation ini sangat penting dan relevan untuk menjawab tantangan yang akan dihadapi di masa mendatang, terutama mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas di Kab. Sarolangun.

“Program ini akan fokus pada peningkatan mutu guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah di jenjang pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTs), program ini bagus dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia dan sumber daya sekolah untuk menjadi dasar pendidikan anak-anak kita sebelum naik ke jenjang berikutnya,” ujarnya.

Dalam Kesempatan ini, beliau juga menghimbau kepada para kepala sekolah, guru dan pengawas sekolah yang ikut dalam program ini agar serius menjalaninya, selain itu para kepala sekolah supaya mengubah gaya kepemimpinan yang lebih transparan akomodatif dan lebih berorientasi kepada mutu pendidikan.

Kepada para guru untuk lebih aktif dan inovatif dalam cara mengajar dan kepada pengawas sekolah agar semakin rajin mengunjungi sekolah dan tidak hanya sekedar mengawasi tetapi justru lebih banyak membantu kepala sekolah dan guru agar fokus pada dunia pendidikan.

“Guru yang luar biasa akan mampu menghasilkan generasi muda yang hebat dan kita harus yakin bahwa pelatihan guru akan menjadi gelombang masa depan bagi indonesia dengan tujuan akhir menjadikan siswa kita berprestasi di masa yang akan datang,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi