Beranda Akses Imbas Virus Corona, Ekspor Udang Ketak Kuala Tungkal ke China Terhenti

Imbas Virus Corona, Ekspor Udang Ketak Kuala Tungkal ke China Terhenti

TANJABBAR, AksesJambi.com – Birus Corona yang mewabah di China sangat berdampak pada arus perekonomian di negara tersebut. Imbas dari itu, beberapa negara lainnya pun juga merasakannya.

Seperti yang dialami oleh pengusaha Udang Ketak di Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat Jambi, ekspor Udang langsung menurun akibat wabah tersebut karena tujuan ekspor Udang ini lebih besar ke China dan Hongkong.

Salah satu pengusaha hasil laut, Hafis mengatakan, akibat virus Corona itu, ekspor penjualan udang ketak ke China dan hongkong mengalami penurunan. Biasanya, momentum Hari Raya Imlek, permintaan kepiting meningkat setiap tahun tujuannya China.

“Biasa ratusan udang ketak di ekspor, apa lagi pada perayaan imlek, tahun ini sepertinya sepi gara-gara virus corona dan barang tidak di terima di sana” ucap hafis saat di temui di tempat kerja, kamis (06/02/2020).

Menurut hafis, kondisi tersebut telah berlangsung selama seminggu. Karena pasar di China banyak yang tutup, sehingga tidak ada yang beli. Akibatnya sektor perikanan kita di Kuala Yungkal juga terkena imbasnya, yakni pembelian udang ketak dari nelayan di setop semua.

Karena tidak bisa lagi diekspor ke China, hafis mengungkapkan, banyak udang ketak yang sudah dibeli dari nelayan tetapi pengempul mau mengirim tidak bisa.

“Kita beli dari nelayan dan kita kumpulkan, tetapi setelah adanya virus corona ini kami hentikan sementara, terpaksa kami pelihara sementara waktu, kami berharap pemerintah segera bertindak dengan cepat terkait ini” pungkasnya. (DIKA)