Beranda Akses Atasi Inflasi Kota Jambi, Fasha Upayakan Petani Hasilkan Bibit

Atasi Inflasi Kota Jambi, Fasha Upayakan Petani Hasilkan Bibit

JAMBI, AksesNews – Pemerintah Kota Jambi (Pemkot) mulai menyusun strategi untuk menghadapi inflasi di tengah pandemi Covid-19 dengan memberdayakan warga Kota Jambi dalam bidang pertanian.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, inflasi di Kota Jambi biasanya terjadi karena sebagian sembako mengalami kelangkaan dan kenaikan harga.

“Biasanya kelangkaan dan kenaikan harga telur, daging, cabai merah keriting dan bawang, itu menyebabkan inflasi,” katanya.

Guna meminimalisasi dampak inflasi, Fasha menyampaikan kepada dinas terkait agar para petani di Kota Jambi dapat mengubah pola bertani dan menghasilkan bibit tanaman yang berkualitas.

“Kami tugaskan dinas pertanian untuk mengubah mindset petani, sehingga jangan lagi menanam hanya untuk dimakan setiap hari. Tetapi, bagaimana menanam dan menghasilkan bibit. Ini yang saya katakan mengubah pola” katanya.

Menurutnya, walaupun para petani tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan pangan di Kota Jambi, mereka bisa menghasilkan bibit yang berkualitas untuk dijual kepada petani yang ada di kabupaten di Provinsi Jambi.

“Lahan tani di Kota Jambi hanya mencukupi 1 persen kebutuhan masyarakat. Kita tidak mungkin selalu mencukupi 1 persen. Tapi kita rubah polanya, sehingga petani di kota jambi dapat menyuplai bibit. Jadi Semua kabupaten bisa membeli bibit di Kota Jambi,” ujar Fasha.

Fasha juga memerintahkan dinas terkait untuk memberdayakan warga di Kota Jambi, setidaknya melalui penyerahan bibit tanaman.

“Saya minta kepada dinas-dinas terkait, bagaimana membuat inovasi, minimal untuk mengatasi kelangkaan cabai dan bawang. Misalnya dengan program menanam cabai, yakni membagi bibit gratis untuk masyarakat, sehingga tidak bergantung apa yang di pasar,” katanya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi