Beranda Akses Warga Keluhkan Bau Busuk dari Penjemuran Ikan Asin di Kuala Tungkal

Warga Keluhkan Bau Busuk dari Penjemuran Ikan Asin di Kuala Tungkal

TANJABBAR, AksesJambi.com – Hasil laut merupakan sesuatu yang memang khas dimiliki di Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, ikan asin juga menjadi hasil masyarakat untuk mencari nafkah. Akan tetapi dibalik itu semua ada Aktifitas penjemuran ikan asin dikeluhkan masyarakat, contohnya di pasar dekat area pelabuhan LLASDP Kuala Tungkal.

Akibat aktifitas penjemuran ikan asin ini, selain menimbulkan polusi udara dengan adanya bau busuk juga menyebabkan timbulnya hama belatung dan lalat di pemukiman warga sekitar.

Kondisi ini sendiri dibenarkan oleh warga sekitar, salah satu warga yang rumahnya berada di area tersebut mengatakan bahwa, akibat adanya aktifitas ini terjadi serangan hama lalat yang masuk ke rumah warga.

“Lalat masuk ke rumah ukurannya besar-besar, selain itu juga ada belatungnya,” keluh warga sekitar.

Keluhan warga sekitar ini ternyata juga sampai ke telinga anggota DPRD Tanjab Barat, Suprayogi Saiful dirinya mengatakan sudah mendengar adanya aduan masyarakat terkait dampak aktifitas penjemuran ikan di lokasi tersebut.

Ia pun meminta pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanjab Barat membantu mencarikan solusi atas permasalahan ini.

“Kita harap DLH bisa mengecek ke lapangan adanya keluhan masyarakat ini, dan dicarikan jalan keluar agar masyarakat bisa menikmati kualitas udara yang baik,” tegasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi