Beranda Akses 98,2 Persen Siswa SMP di Batanghari Dinyatakan Lulus

98,2 Persen Siswa SMP di Batanghari Dinyatakan Lulus

BATANGHARI, AksesJambi.com – Seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Batanghari telah mengumumkan kelulusan siswa, baik sekolah negeri, swasta maupun satu atap. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Agus Wahidi melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian, Irsil Syarif, Jumat (05/06/2020).

Dikatakannya, dari 3.397 siswa yang terdata di Daftar Nominasi Tetap (DNT) tahun ajaran 2019/2020. Sebanyak 3.366 siswa dinyatakan lulus sekolah, dan 31 orang siswa yang terdata di DNT dinyatakan tidak lulus.

“Sebanyak 98,2 persen dinyatakan lulus, sisanya tidak lulus karena mereka putus sekolah atau tidak lagi mengikuti kegiatan belajar mengajar saat nama mereka sudah masuk dalam DNT,” ucap Irsil Syarif.

Dikatakannya, data kelulusan itu merupakan rangkuman sementara dari 57 SMP yang ada di Kabupaten Batanghari.

“Untuk rincian dari sekolah mana saja yang tidak lulus masih dalam proses verifikasi. Nanti akan kita umumkan dari sekolah mana saja,” bebernya.

Untuk penilaian atau menjadi tolak ukur kelulusan siswa yakni dinilai dari hasil pembelajaran mereka selama 5 semester.

“Penilaian kelulusan mereka berdasarkan hasil pembelajaran selama 3 tahun, karena tahun ini ujian nasional ditiadakan,” katanya.

Irsil Syarif mengungkapkan, pengumuman kelulusan siswa dilakukan secara daring, hal itu dilakukan untuk menghindari terjadi kerumunan massa.

“Kita tidak ingin ada penumpukan massa, jadi pengumuman dilakukan secara daring dan kita harapkan sekolah menyerahkan SKL kepada siswa dengan memperhatikan protokol kesehatan, agar siswa terhindar dari Covid-19,” pungkasnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi