Beranda Akses 5 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai Jika Ingin Bekerja di Industri Hospitality

5 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai Jika Ingin Bekerja di Industri Hospitality

OPINI, AksesNews – Sebagai calon pekerja di industri hospitality, keterampilan komunikasi merupakan salah satu kunci esensial yang wajib kamu kuasai. Lantas apa saja kemampuan komunikasi yang perlu kamu latih sejak dini?

Perkembangan industri pariwisata dalam negeri turut membawa pengaruh yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan industri hospitality. Perhotelan, akomodasi transportasi, hingga tempat rekreasi merupakan beberapa lini bisnis dengan prospek yang kian menjanjikan.

Industri hospitality sendiri identik dengan bidang pelayanan yang membutuhkan beragam keterampilan. Di sini kamu dituntut untuk dapat beradaptasi, berinteraksi, dan menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang.
Salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap profesional di bidang hospitality adalah keterampilan komunikasi. Melalui komunikasi yang baik dan efektif, kamu akan mampu bekerja sama dengan tim serta memberikan pelayanan yang terbaik.

Kali ini Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, yang memberi perhatian pada penyediaan lulusan dan sumber daya manusia berkualitas bidang pariwisata, akan membagikan beberapa tips komunikasi dasar yang dapat kamu latih sejak dini. Berikut ulasannya:

1. Jadilah pendengar yang baik
Komunikasi yang efektif tidak akan dapat tercapai tanpa adanya keterampilan mendengar yang baik. Dengan mendengar, kamu dapat memahami pesan dan maksud orang lain sekaligus menunjukkan bahwa kamu menghargai mereka. Semakin orang lain merasa dihargai, akan semakin mudah pula bagimu untuk membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Karenanya, kamu dapat mulai melatih diri untuk aktif mendengarkan. Perhatikan dengan saksama apa yang orang lain katakan, ajukan pertanyaan klarifikasi, dan ulangi pesan yang disampaikan untuk mengonfirmasi pemahaman. Dengan begitu, kamu pun dapat memberikan respon yang tepat.

2. Keterampilan komunikasi nonverbal
Komunikasi nonverbal adalah bagian penting lainnya yang masih sering diabaikan oleh banyak orang. Menurut Indeed, komunikasi nonverbal merupakan proses transfer informasi melalui penggunaan bahasa tubuh, seperti kontak mata, ekspresi wajah, hingga gerakan tubuh.

Jenis komunikasi yang satu ini mempunyai peran krusial dalam menciptakan komunikasi efektif bersama rekan kerja maupun pelanggan. Misalnya saja, untuk menegaskan pesan yang sedang disampaikan, menyampaikan perasaan, hingga dapat menunjukkan perhatian dan rasa hormat kepada lawan bicara.

Untuk mengembangkan kemampuan komunikasi nonverbal, kamu dapat memulainya dengan beberapa tips praktis berikut ini:
● Hindari menyilangkan tangan di dada
● Selalu jaga kontak mata dengan lawan bicara
● Miliki ekspresi wajah yang ramah
● Hindari membungkuk dan milikilah postur tubuh yang tegak
● Praktikkan kemampuan berjabat tangan yang bagus
● Hindari berjalan dengan kaki terseret

3. Perhatikan pemilihan kata yang tepat
Saat berkomunikasi dengan tamu, pelanggan, maupun rekan kerja, kamu harus sangat memerhatikan pemilihan kata yang tepat.

Upayakanlah untuk selalu menggunakan kalimat positif yang dapat membuat pendengar merasa nyaman. Melalui kata-kata sopan, sapaan yang sesuai, dan nada bersahabat, rekan kerja dan pelanggan akan semakin terdorong untuk berkomunikasi dengan terbuka dan jujur.

4. Tanamkan sikap open-minded
Seperti yang sempat disinggung di atas, industri hospitality akan mempertemukanmu dengan orang-orang dari latar belakang yang beragam. Karenanya, pikiran yang fleksibel dan terbuka menjadi poin penting yang wajib kamu miliki.

Saat menerima kritik dan keluhan dari pelanggan, kamu harus bersikap terbuka untuk mendengarkan dan memahami sudut pandang dan pendapat mereka. Begitu pun saat mendapat teguran dari tim kerja. Kamu harus mampu menerima dan mendengarkan masukan tersebut dengan sikap diri yang positif.

5. Kembangkan rasa percaya diri
Ingin bekerja di industri hospitality, tapi masih kurang percaya diri? Sudah saatnya kamu melatih dan membangun rasa percaya diri yang baik. Pasalnya, hal ini bisa menjadi hambatan saat harus berkomunikasi dengan tim kerja dan pelanggan.

Melatih kepercayaan diri bisa kamu lakukan dengan menjaga kontak mata atau menggunakan nada yang tegas namun tetap bersahabat. Pastikan kamu selalu mendengarkan dan berempati dengan orang lain.

Itu dia beberapa keterampilan komunikasi yang perlu kamu siapkan sebelum terjun ke industri hospitality. Dengan persiapan dan potensi diri yang baik, kamu akan dapat menjadi insan hospitality yang unggul di masa depan. Tertarik untuk berkarier di industri hospitality? Kamu bisa bergabung dengan keluarga besar Batam Tourism Polytechnic. Kunjungi situs BTP http://www.btp.ac.id untuk informasi tentang pendaftaran, pendidikan politeknik pariwisata dan #FutureTourismStartsHere. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi