Beranda Akses Kemenag Tanjab Barat: Persiapan Keberangkatan Haji Sudah 80 Persen

Kemenag Tanjab Barat: Persiapan Keberangkatan Haji Sudah 80 Persen

TANJABBAR, AksesJambi.com – Persiapan keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk keberangkatan tahun 2020 ini sebenarnya sudah 80 persen. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanjab Barat, Hasbi, Kamis (04/06/2020).

Namun, berdasarkan keputusan Kementerian Agama RI bahwa tahun 2020 ini tidak ada keberangkatan Jamaah Haji lantaran adanya pandemi Covid 19. Hasbi menyebutkan bahwa terhadap keputusan ini pun juga telah disampaikan kepada sejumlah CJH.

“Kalo persiapan pemberangkatan 80 persen. Seharusnya kan tanggal 25 Juni CJH kita berangkat ke Jambi. Kita hanya belum melaksanakan manasik haji yang dilaksanakan oleh pemerintah, tapi secara pribadi mereka belajar secara mandiri,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan dokumen termasuk paspor juga telah dipersiapkan. Dengan batalnya berangkat haji 2020 ini, terkait dengan perlengkapan dokumen paspor diharapkan oleh Hasbi untuk tetap di simpan di Kemenag.

“Kami berharap dokumen paspor CJH tetap di simpan di Kemenag, karena kita khawatirkan itu takut hilang. Ini repot lagi, karena kan mereka juga nanti akan berangkat di 2021,”ujarnya

Disisi lain, soal uang pelunasan juga kata Hasbi jika memang tidak mendesak lebih baik tidak diambil. Karena kata Hasbi nantinya sebulan sebelum keberangkatan akan ada uang bagi hasil dari pelunasan tersebut.

“Kami berharap kalo jamaah berkenan tidak di ambil, tahun depan ada semacam pembagian hasil. Yang sebulan sebelum keberangkatan akan dibicarakan,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi