Beranda Akses Survei Puspoll Indonesia: CE-Ratu Unggul di 7 Kabupaten/Kota

Survei Puspoll Indonesia: CE-Ratu Unggul di 7 Kabupaten/Kota

JAMBI, AksesNews – Gelaran Pilkada serentak 2020 sekitar seminggu lagi. Bagaimana peta elektoral Pilgub Provinsi Jambi? Pasangan siapakah yang paling potensial memenangkan pertarungan? Bagaimana persepsi publik terhadap debat kandidat?

Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas, Lembaga survei Puspoll Indonesia menyelenggarakan survei Pilkada preferensi politik masyarakat. Pengumpulan data dilakukan pada 20-25 Noember 2020 melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden, yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (2,8%) pada tingkat kepercayaan 95%, Kamis (03/12/2020).

Dalam survei ini, Puspoll Indonesia menemukan beberapa temuan menarik yaitu:

Pertama, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah Jambi di bawah kepemimpinan Fachrori Umar tergolong rendah, berkisar pada angka 49,9% yang menyatakan sangat puas dan puas.

Kedua, tingkat pengetahuan public terhadap pelaksanaan Pilkada Jambi sudah sangat tinggi yakni 91%. Animo masyarakat untuk mencoblos juga sangat tinggi sebanyak 92,4%.

Ketiga, pada pengujian tingkat elektabilitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Paslon nomor 1 memperoleh dukungan dengan tingkat elektabilitas 42,2%, mengungguli Paslon nomor 2 dengan tingkat elektabilitas 23,3% dan paslon nomor 3 dengan elektabilitas 26,4%. Sementara yang tidak menjawab 8,1%

Keempat, Paslon Cek Endra Ratu unggul di 7 Kabupaten/Kota (Sarolangun, Tebo, Batanghari, Muara Jambi, Tanjab Barat, Tanjab Timur, dan Kota Jambi. Paslon nomor 2 Fachrori Umar-Syafril Nursal Unggul di Kab. Bungo, Kerinci, dan Sungai Penuh. Sementara pasangan Alharis-Abdullah Sani unggul di Kabupaten Merangin.

Kelima, penampilan debat Calon Gubernur sudah ditonton sebanyak 25,2% responden hingga survei terakhir dilakukan. Dalam penampilan Debat Gubernur 44,2% responden menyatakan Cek Endra unggul dari lawan debatnya. Sementara Fachrori Umar (18,3%) dan Alharis 29,5%.

Sementara pada debat Calon Wakil Gubernur, sebanyak 41,5% responden menilai keunggulan Ratu Munawaroh dari lawan debatnya. 24,2% responden menilai Syafril Nursal yang unggul, dan 23,5% menyatakan yang unggul adalah Abdullah Sani. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi