Beranda Akses Nikmati Jalur Sepeda Gunung di Hutan Kota Jambi

Nikmati Jalur Sepeda Gunung di Hutan Kota Jambi

JAMBI, AksesNews – Tak hanya fokus konservasi Satwa dan Wisata, Hutan Kota Muhammad Sabki yang terletak di Kenali Asam Bawah, Kota Jambi kini juga memiliki Jalur Khusus Pengendara Mountain Bike (MTB) bagi para pengendara sepeda gunung.

Terbilang baru, Jalur MTB ini di garap selama Dua bulan lalu, yakni dari Mei hingga Juni 2020 saat tutup waspada Covid-19.

“Track sepeda ini dibangun ketika musim Corona dan hutan kota tutup. Bulan mei kita buat ini sampai bulan juni,” kata Kepala UPTD Hutan Kota Jambi, M Fauzi, Sabtu (31/10/2020) lalu.

Ia pun menyampaikan jalur untuk pengendara Mountain Bike dibangun menimbang animo masyarakat untuk bersepeda sedang tinggi.

“Karena kita melihat pasar. Kita di sini juga semacam dagang. Kita lihat pasar banyak yang bersepeda, lalu kita buat jalur sepeda,” ujar Fauzi.

Proses pembangunan sepeda ini, kata Fauzi, tidak merusak dan menyesuaikan kondisi alam di sekitarnya, sehingga para pengendara sepeda akan merasakan sensasi menempuh tantangan di tengah hutan.

“Menyesuaikan kondisi alam, sehingga pesepeda melewati pohon-pohon, seakan-akan melewati hutan, walaupun cuma hutan kota,” tuturnya.

Jalur yang panjang sekitar 3 Km ini terbagi 3 kategori, yakni Ekstrim, Medium dan Beginner. Jalur inipun sudah digunakan oleh para atlet dan beberapa komunitas pesepeda yang berasal dari luar Kota Jambi.

Hutan Kota Muhammad Sabki

Hutan ini kerap di sebut sebagai Hutan Kota. Hutan Muhammad Sabki ini merupakan tempat konservasi dan ekowisata yang di dominasi hewan jenis burung. Tak hanya itu, hewan bertanduk pun mengisi koleksi hutan ini seperti 2 ekor rusa, satu ekor kijang.

Terkait tiket masuk cukup terjangkau, karena sejak 2019 hingga kini harga tiket masih Rp 5 Ribu untuk dewasa dan Rp 3 Ribu untuk anak-anak. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi