Beranda Akses 7 Bulan DPO, Pelaku Penggelapan Mobil Rental di Jambi Akhirnya Tertangkap

7 Bulan DPO, Pelaku Penggelapan Mobil Rental di Jambi Akhirnya Tertangkap

JAMBI, AksesNews – Setelah 7 bulan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), akhirnya Nurdin alias Udin (36), warga Perumahan Nanriang, RT. 35, Kelurahan Paal V, Kecamatan Kota Baru diringkus Tim Satreskrim Polresta Jambi.

Pelaku diamankan petugas pada Kamis (29/10/2020) lalu, di Kawasan Marene, Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Paal Merah. Pelaku diketahui merupakan spesialis penggelapan mobil dengan modus take over melalui grup jual-beli di Facebook.

Kasat Reskrim Polresta Jambi, AKP Handres mengatakan, dari pengakuan pelaku, ia telah melakukan aksinya sebanyak 5 kali di Kota Jambi. Namun hingga kini, pihaknya masih menerima satu laporan resmi dari korban.

“Pengakuan sudah melakukan beberapa kali. Kita minta, bagi warga yang merasa menjadi korban segera melapor. Terkahir mobil yang digelapkan atau dijual seharga Rp 28 juta,” sebutnya, Senin (02/11/2020).

Dalam melancarkan aksinya, pelaku kerap memantau diberbagai grup jual-beli Facebook. Ketika ia melihat ada yang menawarkan hendak merental mobil, pelaku pun langsung beraksi.

“Terakhir itu, mobil Honda Brio warna merah. Dia hubungi korban mengatakan akan merental mobil 1 bulan penuh dengan harga Rp 9 juta. Namun, saat itu baru dibayar Rp 4,5 juta,” jelasnya.

Kemudian, setelah mendapatkan mobil itu, pelaku menjual mobil itu tanpa sepengetahuan pemiliknya. Alhasil, korban yang resah dan curiga karena mobil tak kunjung kembali segera melaporkan kejadian itu ke Polresta Jambi.

“Selama 7 bulan pencarian, akhirnya kita amankan. Saat ini, anggota masih mencari barang bukti mobil yang telah dijualnya,” sebutnya.

Selain mengamankan tersangka, petugas juga mengamankan satu motor Honda Beat warna hitam tanpa TNKB dan satu handphone Oppo milik tersangka. Pelaku dikenai pasal 372 KUHP, tentang penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi