Beranda Akses Sebelum Pindah ke Lapas, Terpidana Kejari Tanjab Barat di Rapid Test

Sebelum Pindah ke Lapas, Terpidana Kejari Tanjab Barat di Rapid Test

TANJABBAR, AksesJambi.com – Para tahanan yang berada di Rumah Tahanan (Rutan) Polres akan dilimpahkan ke Lapas untuk di rapid test. Hal ini dilakukan guna memastikan, bahwa seluruh tahanan yang dilimpahkan dalam kondisi non-reaktif Covid-19.

Kasi Pidum Kejari Tanjab Barat, Novan Harpanta, menyebutkan bahwa pelaksanaan rapid test minggu depan merupakan kedua kalinya setelah sebelumnya ada 14 orang yang telah dilakukan tes cepat oleh Kejari.

“Tahap pertama sudah kita lakukan kemarin, ada 14 orang tahanan semuanya non-reaktif. Ini kita lakukan untuk memastikan bahwa mereka (tahanan) dalam kondisi baik,” katanya, Kamis (02/07/2020).

Sementara itu, hal ini juga dilakukan untuk membantu pihak Polres untuk mengurangi over kapasitas tahanan dan juga Lapas di Tanjab Barat. Karena, setelah proses pelimpahan ke Kejari dilanjutkan dengan proses persidangan dan pengantaran ke LP.

“Tes cepat juga dilakukan pada tahanan yang sedang dalam proses persidangan. Karena ini masih tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa, tahanan yang melakukan persidangan dalam kondisi sehat, termasuk juga nantinya ketika tahanan mendapat putusan dan di bawa ke LP,” ungkapnya.

Di sisi lain, untuk tahap kedua akan dilakukan rapid test sebanyak kurang lebih 10 orang. Kata Novan, ini juga akan dilakukan secara terus menerus hingga masa pandemi Covid-19.

“Kita akan lakukan terus karena memang dalam kondisi Covid-19 ini kita tetap menerapkan protokol kesehatan, khususnya bagi tahanan,” pungkasnya. (Dika)