Beranda Akses 314 Calon Jemaah Haji Tanjab Barat Batal Berangkat karena Corona

314 Calon Jemaah Haji Tanjab Barat Batal Berangkat karena Corona

TANJABBAR, AksesJambi.com – Sebanyak 314 orang Calon Jamaah Haji (CJH) dari Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat resmi tidak jadi berangkat pada tahun ini. Hal ini atas keputusan Kementerian Agama yang memutuskan membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun 2020.

Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Tanjab Barat, Hasbi. Dirinya menyebutkan bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi pembatalan keberangkatan CJH tahun 2020 ini.

“Iya, barusan kita lihat dari Kementerian melakukan konferensi pers dan disiarkan langsung di tv nasional,” sebutnya saat dikonfirmasi, Selasa (02/06/2020).

Lebih lanjut, disampaikannya bahwa untuk jumlah CJH Kabupaten Tanjab Barat yang telah melakukan pelunasan di tahap pertama sebanyak 314 orang.

Sementara itu, dikatakan oleh Hasbi bahwa secara pribadi CJH telah melakukan berbagai persiapan keberangkatan termasuk melaksanakan manasik haji secara pribadi.

“314 orang sudah melakukan pelunasan tahap pertama. Kalo untuk persiapan manasik haji dan lain-lain, secara pribadi manasik sudah ada yang melakukan, tapi yang dilaksanakan oleh kementerian agama belum ada,”ungkapnya.

Selain itu, soal perlengkapan CJH seperti koper dan tanda pengenal juga sampai dengan saat ini kata Hasbi belum ada yang di pesan atau persiapkan. Karena memang, dari awal pihaknya menunggu keputusan pusat soal kepastian keberangkatan di tengah Pandemi Covid 19.

“Untuk peralatan calon haji, belum ada semua,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi