Beranda Akses Polres Tanjab Barat Kembali Gagalkan Pembukaan Lahan dengan Cara Dibakar

Polres Tanjab Barat Kembali Gagalkan Pembukaan Lahan dengan Cara Dibakar

TANJABBAR, AksesJambi.com – Tim Preventif Patroli Satgas Karhutla Res Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), kembali menggagalkan seorang warga yang berniat membuka lahan dengan cara membakar. Hal ini disampaikan oleh Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro. Selasa (02/03/2021).

Kapolres menerangkan, bahwa pada saat tim Patroli Satgas Karhutla Res Tanjab Barat melakukan Patroli di wilayah Pembengis, terlihat adanya asap di langit, dan kemudian tim menelusuri di mana titik munculnya.

“Jadi tadi tim sedang patroli dan terlihat adanya kepulan asap dan tim mencoba mencari sumber asap tersebut dan di temukan ada titik api,” katanya

Lebih lanjut disampaikan oleh Kapolres Tanjab Barat, bahwa ketika tim di lokasi setidaknya ada lebih kurang 200 meter lahan yang sudah terbakar. Sementara terlihat ada lima titik api yang baru saja dinyalakan.

“Luas lahan terbakar lebih kurang 200 meter dan ada 5 titik api yang baru saja menyala. Modus Operandi yang dilakukan manfaatkan waktu sore hari, di jam lengah petugas dan jam-jam diperkirakan pemilik lahan jam aman untuk mulai membakar,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini, Kapolres Tanjab Barat secara tegas melarang adanya tindakan membuka lahan dengan cara membakar. Dirinya juga mengingatkan bahwa Tim Satgas Patroli Res Tanjabbar terus berpatroli, dan pihaknya telah menyebarkan seluruh personil di seluruh titik rawan Karhutla wilayah Tanjab Barat.

“Secara tegas kita tetap akan menindak pelaku yang secara sengaja membuka lahan dengan cara membakar. Petugas kita sudah kita sebar ke sejumlah lokasi, jadi jangan di anggap kita lengah,”pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi