Beranda Akses Ngaku PNS di Kantor Pajak Kota Jambi, Pria Ini Kuras Uang Kenalannya

Ngaku PNS di Kantor Pajak Kota Jambi, Pria Ini Kuras Uang Kenalannya

JAMBI, AksesNews – Pura-pura menjadi PNS di kantor Pajak kota Jambi untuk melakukan aksi kepada korbannya, Hendri Susanto ditangkap rim Reskrim Polresta Jambi.

Beroperasi pada bulan Juni hingga Juli 2020, Pelaku melakukan penipuan dengan modus sebagai PNS gadungan dan melakukan kenakalan dengan calon korban melalui media sosial.

Dari perkenalan di media sosial, merujuk ke pertemuan antara pelaku dan korban yang pertama kalinya di depan hotel Grand di kawasan Telanaipura, korban langsung mengaku sebagai PNS di kantor Pajak Kota Jambi.

Tak sebatas disitu pertemuan mereka, pertemuan mereka berlajut ke rumah korban pada hari yang lain di kawasan jalan Mpu Gandring, Solok Sipin, kecamatan Danau Sipin. Di situ pula korban bertemu dengan orang tua korban.

Pelaku pintar membuat suasana akrab, sehingga orang tua korban menaruh kepercayaan dengan meminta bantu untuk menjual sebidang tanah milik korban kepada pelaku.

Beberapa hari kemudian, pelaku
pun menjawab kalau dirinya ada kenalan kawan yang bekerja sebagai Karyawan Pertamina di Kota Palembang. Selanjutnya pelaku meminta uang sebesar Rp 7.500.000, untuk biaya operasional pelaku berangkat ke Palembang untuk menemui temannya
tersebut.

Belum saja tanah tersebut laku, sekitar awal bulan Juli 2020, ayah korban kembali meminta bantuan untuk mengurus balik nama sertifikat hak milik Parulian Sinabutar menjadi miliknya. Pada kesempatan itu, pelaku pun lagi lagi meminta uang sebesar Rp 4.500.000 untuk mengurus balik nama tersebut sampai selesai dan ayah korban memberikannya sekaligus dengan Sertifikat asli miliknya.

Setelah itu pelaku meminjam uang korban sebesar Rp 10.000.000, dengan beralasan supaya pelaku bisa mendapatkan proyek pembangunan pasar di Sarolangun, dan disekitar akhir bulan Juli, pelaku kembali
meminjam uang korban sebesar Rp 5.000.000, untuk biaya supaya pinjamannya disalah satu Bank di Kota Jambi dengan jumlah Rp 400.000.000, segera cair.

Kapolresta Jambi, Kombes Pol Dover Christian didampingin Kasat Reskrim Polresta Jambi Kompol Suhardi mengatakan, kecurigaan korban tersebut timbul sekitar tanggal (10/08/2020) lalu karena pelaku tidak ada memberi kabar tentang perihal balik nama sertifikat tersebut.

Karena merasa curiga, akhirnya ayah korban langsung mendatangi Kantor Pertanahan untuk mengecek sertifikat yang di urus pelaku.

“Karena masih curiga, akhirnya korban juga mengecek ke kantor Pajak, ternyata tersangka tidak ada tercatat sebagai PNS Kantor pajak atas nama Hendri Susanto dan juga tidak ada pengajuan pinjaman sebesar Rp 400.000.000, di salah satu bank di kota Jambi,” kata Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian.

Lebih lanjut, Dover mengatakan atas perbuatan pelaku tersebut Korban mengalami kerugian sebesar Rp 10.000.00 dan ayah korba sebesar Rp 28.900.000, yang sudah di bawa pelaku untuk dipergunakan kehidupan sehari hari dan membeli barang seperti jam tangan merk Alaxander Cristie dan juga sepatu hitam merk Bucheri.

“Pelaku sudah kita amankan, dan saat ini berkas perkara saat ini sudah dikirim Kejaksaan Negeri Jambi, dan pengakuan dari pelaku dia baru pertama kali melakukan aksinya,” tambahnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan yakni fotocopy sertifikat tanah, 1 lembar surat permohonan ke kantor pertanahan. 1 stel baju PNS warna coklat, 1 pasang sepatu merk Bucheri 1 jam tangan merk Alaxander christie.

Atas perbuatannya pelaku dikenakan pasal 378 KUHPidana tentang tindak pidana penipuan dengan ancaman pencara 4 tahun. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi